SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tilang Ganjil-Genap Mulai Hari Ini, Evaluasi Berikan Dampak Positif Untuk Macet?

Senin, 29 Agustus 2016 14:35 by reinasoebisono | 760 hits
Tilang Ganjil-Genap Mulai Hari Ini, Evaluasi Berikan Dampak Positif Untuk Macet?
Image source: Metro TV

DREAMERS.ID - Mulai hari ini, pelanggar sistem ganjil-genap akan dikenai sanksi tilang berupa denda maksimal Rp500 ribu. Pemberlakuan ganjil-genap ini secara efektif akan dibarengi dengan pemberlakuan hukum sesuai ketentuan yang berlaku.

Setelah melalui masa uji coba pelat nomor ganjil-genap sesuai tanggal yang diberlakukan di Jalan Sisingamangaraja, Jenderal Sudirman, MH. Thamrin, Medan Merdeka Barat dan sebagian Jalan Gatot Subroto, sistem ini diklaim memberi dampak positif untuk mengatasi kemacetan.

Sebelumnya, sistem ganjil-genap ini diberlakukan untuk mengganti sistem 3 in 1 yang dinilai sarat dengan masalah sosial. Polda Metro Jaya memiliki indikator jika uji coba kemarin memberi dampak positif pada kelancaran lalu lintas.

"Travel time (waktu tempuh) pada kawasan yang diberlakukan ganjil genap mengalami penurunan 19 persen dibandingkan situasi sebelumnya. Kemudian, volume kendaraan mengalami penurunan 15 persen dibandingkan situasi sebelumnya," kata Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Budiyanto melansir MetroTV.

Baca juga: Apakah Perluasan Ganjil-Genap Dapat Mengurangi Polusi Udara?

Hasil positif lainnya adalah percepatan kendaraan mengalami peningkatan 20% dibanding situasi sebelumnya. Bahkan, sistem ini membuat melonjaknya jumlah penumpang bus TransJakarta pada koridor I, VI, dan IX.

Lebih lanjut, peraturan ganjil-genap ini ditentukan berdasarkan satu angka terakhir pada nomor kendaraan. Pelat yang tergolong ganjil seperti 1, 3, 5, 7 dan 9 yang boleh lewat pada tanggal ganjil. Sedangkan pelat nomor 0, 2, 4, 6 dan 8 hanya pada tanggal genap.

Sistem ini berlaku dari Senin hingga Jumat di dua waktu berbeda pada pagi dan sore hari. Yaitu mulai pukul 07.00-10.00 dan pukul 16.00-20.00. Sama seperti 3 in 1, pembatasan ganjil-genap ini tidak berlaku pada Sabtu, Minggu dan hari Libur Nasional.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Visual dari idol kpop memang sangat membuat semua orang takjub, tidak jarang tampilan idol kpop menjadi inspirasi bagi setiap orang, dimulai dari make up, gaya rambut bahkan gaya berpakaian....
  • HOT !
    Kabar mengejutkan kembali datang dari Negeri Ginseng, Korea Selatan. Pasalnya, setelah 30 tahun lamanya, pelaku pembunuhan berantai yang terjadi di tahun 1986 dan 1991 akhirnya berhasil diidentifikasi....
  • HOT !
    Belakangan ini masyarakat heboh dengan video viral yang menunjukan dua orang remaja wanita menyeberangi sungan menggunakan ‘Flying Fox Motor’....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsyaden
Cast : Arsy, Vian, Lee Dong Wook, dkk

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)