SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Yang Terjadi Jika Tidak Buat E-KTP Sebelum 30 September

Selasa, 23 Agustus 2016 11:15 by reinasoebisono | 20750 hits
Ini Yang Terjadi Jika Tidak Buat E-KTP Sebelum 30 September
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Upaya mendata seluruh masyarakat Indonesia secara sistematis dan rapi dalam sistem digital telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu melalui program KTP Elektronik atau E-KTP. Namun pada praktiknya, masih banyak warga yang tidak mengerti dan belum memilikinya.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) meminta agar seluruh masyarakat merekam data kependudukannya dalam bentuk digital atau E-KTP.

Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kemendagri Arif Zudan Fakrulloh mengatakan jika batas akhir pembuatan E-KTP adalah 30 September 2016. Jika tidak memiliki E-KTP, masyarakat akan menerima sejumlah sanksi.

Bukan hukuman, namun kerugian karena tidak dapat mendapat layanan publik. Hal ini terjadi karena KTP akan dinonaktifkan atau bisa disebut sanksi administrasi.

Baca juga: Ternyata Tersangka Penjual Blangko e-KTP Secara Online Anak Pejabat?

"Contohnya, BPJS, itu kan basisnya Nomor Induk Kependudukan (NIK), kemudian membuka kartu perdana itu basisnya NIK. Jika NIK tidak muncul, maka hak dia sebagai penduduk Indonesia tidak akan bisa dipenuhi," kata Zudan melansir Liputan6.

Kerugian lain yang didapatkan juga publik tidak mendapatkan layanan perbankan, kepolisian, izin mendirikan bangunan. Terlebih, karena data penduduk ini harus tunggal dan tidak boleh ganda. Jika sudah terlanjur dinonaktifkan pada akhir September nanti, masyarakat sudah tidak bisa mengurus E-KTP di kecamatan atau kelurahan lagi, melainkan harus mengurusnya ke Dinas Dukcapil setempat.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kamis (19/9) lalu terjadi dua kali gempa berkekuatan 6 skala richter dari Laut Jawa. Gempa ini diinformasikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berada lebih dari kedalaman 300km yang dinilai tidak biasa....
  • HOT !
    Jika biasanya area apartemen mewah dikelilingi oleh fasilitas dan suasana berkelas dan mahal, lain halnya dengan salah satu area apartemen di kawasan Jakarta Pusat satu ini....
  • HOT !
    Publik tengah dihebohkan dengan polisi Korea Selatan yang dikatakan telah menemukan pelaku kasus pembunuhan paling keji di Negeri Ginseng. Namun pada Kamis (19/9), polisi menyatakan bahwa pria 56 tahun yang diidentifikasi sebagai tersangka utama kasus tersebut membantah terlibat dalam pembunuhan berantai....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)