SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sindir Presiden Korea Selatan Lewat Karyanya, Seniman Ini Didenda Puluhan Juta Rupiah!

Jumat, 19 Agustus 2016 15:32 by zia92 | 1446 hits
Sindir Presiden Korea Selatan Lewat Karyanya, Seniman Ini Didenda Puluhan Juta Rupiah!
Image source:

DREAMERS.ID - Menyampaikan aspirasi dan pandangan politik memang bisa dilakukan siapapun di Negara Demokrasi. Namun jika dilakukan dengan berlebihan, mau tidak mau harus bersentuhan dengan hukum yang berlaku seperti yang terjadi pada seorang seniman di Korea Selatan ini.

Sebuah pengadilan lokal di Korea Selatan menyatakan telah menjatuhi hukuman denda kepada seorang seniman karena karya-karyanya yang mengkritisi Presiden Korea Selatan Park Geun Hye. Tak hanya sekali, seniman ini tercatat telah menyebarkan selebaran buatannya beberapa kali ke seluruh negeri.


Image source: Yonhap News

Melansir Yonhap News, Pengadilan Pusat Seoul telah meminta Lee Byeong Ha, yang bekerja dengan nama ‘Leeha’ untuk membayar 2 juta won (sekitar 23 juta rupiah) karena telah mendistribusikan total sekitar 18.000 selebaran di Seoul dan kota-kota besar lainnya di Korea Selatan selama tahun 2014-2015.

Seorang aktor yang diidentitifasi dengan nama marga Han (38) juga dinyatakan pernah berkolaborasi dengan seniman ini pada Mei tahun lalu. Karena itu dirinya juga diharuskan membayar denda sebanyak 200.000 won (sekitar 2,3 juta trupiah).

Baca juga: Seniman Muslim Asal Kebumen Buat Kolase Koran Bunda Maria Terbesar di Dunia

“Para tersangka mengatakan bahwa mengekspresikan pandangan politik mereka adalah hal yang wajar, namun mengingat jumlah, lokasi, dan bagaiman selebaran itu tersebar, rasanya sulit untuk membenarkan tindakan mereka,” kata pengadilan, Jumat (19/8).

Sebelumnya, Lee telah memiliki catatan sidang untuk tuduhan serupa, namun dinyatakan tidak bersalah atau menerima hukuman percobaan.

(fzh)

  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
  • HOT !
    Penyebaran konten digital kini harus lebih diperhatikan, karena jika terlalu sensitif bisa berakibat protes keras dari publik. Seperti yang dialami oleh seorang anggota DPRD Karawang bernama Hitler Nababan pada Selasa (22/5) ini....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)