SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sindir Presiden Korea Selatan Lewat Karyanya, Seniman Ini Didenda Puluhan Juta Rupiah!

Jumat, 19 Agustus 2016 15:32 by zia92 | 1405 hits
Sindir Presiden Korea Selatan Lewat Karyanya, Seniman Ini Didenda Puluhan Juta Rupiah!
Image source:

DREAMERS.ID - Menyampaikan aspirasi dan pandangan politik memang bisa dilakukan siapapun di Negara Demokrasi. Namun jika dilakukan dengan berlebihan, mau tidak mau harus bersentuhan dengan hukum yang berlaku seperti yang terjadi pada seorang seniman di Korea Selatan ini.

Sebuah pengadilan lokal di Korea Selatan menyatakan telah menjatuhi hukuman denda kepada seorang seniman karena karya-karyanya yang mengkritisi Presiden Korea Selatan Park Geun Hye. Tak hanya sekali, seniman ini tercatat telah menyebarkan selebaran buatannya beberapa kali ke seluruh negeri.


Image source: Yonhap News

Melansir Yonhap News, Pengadilan Pusat Seoul telah meminta Lee Byeong Ha, yang bekerja dengan nama ‘Leeha’ untuk membayar 2 juta won (sekitar 23 juta rupiah) karena telah mendistribusikan total sekitar 18.000 selebaran di Seoul dan kota-kota besar lainnya di Korea Selatan selama tahun 2014-2015.

Seorang aktor yang diidentitifasi dengan nama marga Han (38) juga dinyatakan pernah berkolaborasi dengan seniman ini pada Mei tahun lalu. Karena itu dirinya juga diharuskan membayar denda sebanyak 200.000 won (sekitar 2,3 juta trupiah).

Baca juga: Seniman Muslim Asal Kebumen Buat Kolase Koran Bunda Maria Terbesar di Dunia

“Para tersangka mengatakan bahwa mengekspresikan pandangan politik mereka adalah hal yang wajar, namun mengingat jumlah, lokasi, dan bagaiman selebaran itu tersebar, rasanya sulit untuk membenarkan tindakan mereka,” kata pengadilan, Jumat (19/8).

Sebelumnya, Lee telah memiliki catatan sidang untuk tuduhan serupa, namun dinyatakan tidak bersalah atau menerima hukuman percobaan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)