SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jessica Tak Tunjukkan Gestur Menolong Saat Mirna Sekarat, Ini Analisa Psikolog

Selasa, 16 Agustus 2016 12:00 by zia92 | 1724 hits
Jessica Tak Tunjukkan Gestur Menolong Saat Mirna Sekarat, Ini Analisa Psikolog
Image source: Antara

DREAMERS.ID - Sidang lanjutan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso kembali digelar pada Senin (15/8) kemarin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Saksi ahli psikolog klinis Dra. Antonia Ratih Andjayani pun didatangkan untuk memberikan analisa mengenai perilaku dan emosi Jessica.

Antonia menyebut jika reaksi Jessica tidak menunjukkan gestur menolong saat Mirna terlihat sakit atau sekarat ketika meminum es kopi Vietnam yang dipesannya. Menurutnya, sepanik apapun seseorang saat melihat temannya terkena musibah, ia akan menunjukkan reaksi ingin menolong. "Ini yang tidak terlihat di rekaman," kata Antonia, mengutip Antara.

Ketika Mirna mengisap minuman dengan sedotan, kemudian mengipas-ngipas dan terjadi perubahan ekspresi, yang terlihat panik adalah Hani. Sebaliknya, Jessica terlihat tenang. "Kalau dia panik sampai tidak bisa berkata kata, ekspresi dan gesturnya tidak menunjukkan itu," katanya. 

Lebih lanjut, Antonia pun menyebut jika daya empati Jessica tidak berkembang dengan baik. Pengalaman melihat orang yang meninggal di depan mata akan semestinya menimbulkan trauma, baik itu kesedihan, ketakutan, kekhawatiran atau kepanikan.

Baca juga: Harapan Terakhir Kasus Sianida Jessica Wongso yang Buat Sang Ibu Terus Menangis

Efek trauma semakin menguat bila objeknya adalah orang terdekat. "Ketika teman meninggal karena hidangan yang kita pesan, tanpa tuduhan apapun, efek traumanya besar."

Orang yang berada pada situasi seperti itu akan memiliki rasa bersalah yang besar serta diliputi ketakutan. Bukan takut dituduh atau diburu polisi, melainkan kekhawatiran apakah yang ia lakukan membuat temannya terkena musibah.

Umumnya, orang akan menunjukkan perilaku berkabung, misalnya cenderung menarik diri untuk introspeksi atau memperlihatkan gestur empati. "Sejauh yang saya amati itu tidak ada (di Jessica). Ada indikasi daya empati yang bersangkutan tidak berkembang secara cukup baik," ujarnya. 

(fzh)

  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
  • HOT !
    Bandara Internasional Changi di Singapura terkenal dengan fasilitas mewah, lengkap dan tentu pelayanan memuaskan. Salah satu pelayanan yang paling diidamkan dari sebuah bandara adalah ketepatan waktu....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)