home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Status Warga Negara Diragukan, Calon Paskibraka Ini Batal Mengibarkan Merah Putih di Istana

Senin, 15 Agustus 2016 17:00 by reinasoebisono | 2365 hits
Status Warga Negara Diragukan, Calon Paskibraka Ini Batal Mengibarkan Merah Putih di Istana
Image source: Okezone

DREAMERS.ID - Status kewarganegaraan jadi topik hangat beberapa hari belakangan. Sebelumnya, topik panas soal kewarganegaraan Menteri ESDM baru, Arcandra Tahar mencuat karena memiliki 2 paspor, Indonesia dan Amerika Serikat.

Menyambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus mendatang, Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih mungkin akan kehilangan satu personil. Pasalnya, perwakilan Jawa Barat, Gloria Natapradja Hamel tak bisa ikut prosesi upacara karena status kewarganegaraannya dipertanyakan. Hal ini makin membuat pro dan kontra karena sang ayah diketahui adalah pria berkebangsaan Perancis.

"Status warga negaranya masih diminta keterangan oleh Menkumham. Yang bersangkutan belum 18 tahun dan sejak kecil tinggal dan sekolah di Depok. Tinggal soal ayah WN Perancis," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melansir Kompas.

Namun laporan terkini mengatakan jika Gloria resmi digugurkan dari barisan Paskibraka Rabu besok karena diketahui memiliki pasor Perancis dan hal itu telah diverifikasi. 


Gloria Natapradja Hamel (Liputan6)

Baca juga: Misteri Meninggalnya Paskibraka Pembawa Baki dari Bali dengan Kondisi Organ dalam Rusak Tiba-tiba

"Dalam UU Nomor 12 Tahun 2006 jelas disebutkan seseorang kehilangan warga negara apabila dia punya paspor (negara lain)," kata Kepala Staf Garnisun 1/Jakarta Joshua Pandit Sembiring.

Namun sekali lagi, dibatalkannya keikutsertaan Gloria bukan karena ayahnya yang berkewarganegaraan Perancis, melainkan karena ia memiliki paspor non-Indonesia. Sementara itu, Ketua Satgas Perlindungna Anak Muhammad Ihsan menyayangkan sikap pemerintah yang melakukan pengguguran di detik terakhir.

"Bayangkan saja, dia sudah proses seleksi dari sekolah sampai ke provinsi dan pusat. Selama ini enggak pernah ada masalah. Tapi begitu mau dikukuhkan di Istana, dia dilarang ikut," ujar Ihsan

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)