SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Status Warga Negara Diragukan, Calon Paskibraka Ini Batal Mengibarkan Merah Putih di Istana

Senin, 15 Agustus 2016 17:00 by reinasoebisono | 2105 hits
Status Warga Negara Diragukan, Calon Paskibraka Ini Batal Mengibarkan Merah Putih di Istana
Image source: Okezone

DREAMERS.ID - Status kewarganegaraan jadi topik hangat beberapa hari belakangan. Sebelumnya, topik panas soal kewarganegaraan Menteri ESDM baru, Arcandra Tahar mencuat karena memiliki 2 paspor, Indonesia dan Amerika Serikat.

Menyambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus mendatang, Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih mungkin akan kehilangan satu personil. Pasalnya, perwakilan Jawa Barat, Gloria Natapradja Hamel tak bisa ikut prosesi upacara karena status kewarganegaraannya dipertanyakan. Hal ini makin membuat pro dan kontra karena sang ayah diketahui adalah pria berkebangsaan Perancis.

"Status warga negaranya masih diminta keterangan oleh Menkumham. Yang bersangkutan belum 18 tahun dan sejak kecil tinggal dan sekolah di Depok. Tinggal soal ayah WN Perancis," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melansir Kompas.

Namun laporan terkini mengatakan jika Gloria resmi digugurkan dari barisan Paskibraka Rabu besok karena diketahui memiliki pasor Perancis dan hal itu telah diverifikasi. 


Gloria Natapradja Hamel (Liputan6)

Baca juga: Deg-degannya Penentuan Paskibraka Pembawa Baki yang Dipilih 5 Menit Sebelum Upacara 17 Agustus

"Dalam UU Nomor 12 Tahun 2006 jelas disebutkan seseorang kehilangan warga negara apabila dia punya paspor (negara lain)," kata Kepala Staf Garnisun 1/Jakarta Joshua Pandit Sembiring.

Namun sekali lagi, dibatalkannya keikutsertaan Gloria bukan karena ayahnya yang berkewarganegaraan Perancis, melainkan karena ia memiliki paspor non-Indonesia. Sementara itu, Ketua Satgas Perlindungna Anak Muhammad Ihsan menyayangkan sikap pemerintah yang melakukan pengguguran di detik terakhir.

"Bayangkan saja, dia sudah proses seleksi dari sekolah sampai ke provinsi dan pusat. Selama ini enggak pernah ada masalah. Tapi begitu mau dikukuhkan di Istana, dia dilarang ikut," ujar Ihsan

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....
  • HOT !
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya, Sandiaga Uno membentuk Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Rencananya akan ada 75 orang TGUPP yang akan direkrut....
  • HOT !
    Entah apa yang ada di balik keputusan Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan memindahkan Kedutaan Besar dari Ibu Kota sebelumnya di Tel Aviv ke kota 3 agama itu. Sejumlah pendapat menilai jika ia tengah melaksanakan janji kampanye, membuat pendukungnya yang pro Israel puas....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)