SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Punya Kewarganegaraan AS, Menteri ESDM Arcandra Tahar Tuai Kontroversi

Senin, 15 Agustus 2016 14:31 by Dits | 1199 hits
Punya Kewarganegaraan AS, Menteri ESDM Arcandra Tahar Tuai Kontroversi
image source: liputan6.co

DREAMERS.ID - Beberapa hari terakhir ini sosok Arcandra Taharr yang tak lain adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru dilantik beberapa minggu lalu tengah hangat diberitakan. Pasalnya Archandra Tahar memiliki dua status kewarganegaraan yaitu Indonesia dan Amerika Serikat. Lantas seperti apa tanggapan sang Menteri?

Menjawab isu tak sedap itu, Menteri Arcandra Tahar, mengaku telah 'mengembalikan proses' terkait kewarga-negaraan Amerika Serikat yang ditanyakan wartawan. Dalam suatu acara di kantor Kementerian ESDM, pada Minggu (14/08), para wartawan menanyakan apakah benar Archandra merupakan warga negara AS.

"Proses-proses yang di sana, yang berkaitan dengan pertanyaan teman-teman, itu sudah saya kembalikan semua," kata Arcandra. "Itu sudah dikembalikan, silakan tanyakan ke yang berwenang." Pria kelahiran Padang, Sumatera Barat, itu juga menegaskan bahwa dirinya masih memegang paspor Indonesia.

Seperti diketahui, Sebelum menjabat Menteri, Arcandra sendiri memang sudah lama tinggal dan bekerja di Amerika Serikat. Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, saat Presiden Jokowi meminta Archandra untuk kembali ke Indonesia untuk mengemban amanah sebagai Menteri ESDM, Arcandra menyatakan bersedia untuk pulang dari Amerika Serikat. Menurut Pratikno, Arcandra juga seorang manajer yang hebat di perusahaannya di Amerika Serikat.

Baca juga: Diragukan dan Diremehkan Saat Terpilih Jadi Menteri ESDM, Ini Tanggapan Ignasius Jonan

"Beliau juga punya paten karena beliau kan PhD di Ocean Engineering, yang aktif ada tiga paten yang pending masih ada dua. Nah ini Pak Presiden sangat tertarik dengan figur yang bersangkutan," katanya.

Sejak Sabtu (13/8) pagi, sejumlah pesan berantai melalui Whatsapp beredar di antara pers. Isinya mempertanyakan integritas Arcandra yang dinilai memiliki posisi penting di sektor ESDM, tetapi memiliki kewarganegaraan AS.

Saat dilantik pada Rabu (27/7), Arcandra sudah memegang paspor AS setelah melalui proses naturalisasi pada Maret 2012 dengan mengucapkan sumpah setia kepada AS. Karena Indonesia belum mengakui dwikewarganegaraan, secara hukum Arcandra dinilai sudah kehilangan status WNI-nya. Bahkan, disebutkan, sebulan sebelum menjadi warga negara AS, Februari 2012, Arcandra mengurus paspor RI kepada Konsulat Jenderal RI di Houston, AS, dengan masa berlaku lima tahun.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Kamis (19/9) lalu terjadi dua kali gempa berkekuatan 6 skala richter dari Laut Jawa. Gempa ini diinformasikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berada lebih dari kedalaman 300km yang dinilai tidak biasa....
  • HOT !
    Jika biasanya area apartemen mewah dikelilingi oleh fasilitas dan suasana berkelas dan mahal, lain halnya dengan salah satu area apartemen di kawasan Jakarta Pusat satu ini....
  • HOT !
    Publik tengah dihebohkan dengan polisi Korea Selatan yang dikatakan telah menemukan pelaku kasus pembunuhan paling keji di Negeri Ginseng. Namun pada Kamis (19/9), polisi menyatakan bahwa pria 56 tahun yang diidentifikasi sebagai tersangka utama kasus tersebut membantah terlibat dalam pembunuhan berantai....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)