SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lembaga Antariksa Ajak Matikan Lampu Nanti Malam, Ada Apa?

Sabtu, 06 Agustus 2016 15:00 by reinasoebisono | 2402 hits
Lembaga Antariksa Ajak Matikan Lampu Nanti Malam, Ada Apa?
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengajak masyarakat untuk ramai-ramai mematikan lampu selama satu jam pada Sabtu malam nanti. Bukan Earth hour yang dilakukan untuk menghemat energi saja.

Namun kampanye ini untuk menyelamatkan hal lainnya, yaitu langit malam yang gelap. Kok bisa? Tahukah kamu jika pada malam hari langit juga terkena polusi cahaya? Hal ini mengakibatkan lunturnya pemandangan langit malam yang harusnya indah.

Saat meluncurkan kampanye ini, Lapan menghimbau untuk mematikan semua lampu, namun hanya yang di luar ruangan selama satu jam, dari pukul 20.00 hingga 21.00. Aksi ini dilakukan agar masyarakat dapat kesempatan untuk mengamati galaksi Bima Sakti yang memiliki ratusan miliar bintang.

Dilakukan saat ini karena langit cerah di musim kemarau bulan Agustus adalah saat yang tepat untuk menyaksikan indahnya langit malam. Sekaligus sebagai pengingat Hari Keantariksaan.

"Aksi kampanye Malam Langit Gelap atau Dark Sky Night bertujuan membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menyelamatkan langit malam dari polusi cahaya. Aksi tersebut sekaligus bentuk kampanye hemat energi," ujar Thomas Djamaluddin, Ketua Lapan.

Karena kini, pemandangan langit malam dengan gugusan Galaksi Bima Sakti sudah sangat langka terjadi di wilayah perkotaan seperti Jakarta karena parahnya polusi cahaya. Polusi yang dimaksud adalah bertaburnya cahaya lampu malam yang mengalahkan cahaya bintang.

Jadi, matikan lampu nanti malam dan jangan lewatkan pemandangan indah gugusan bintang yangmulai redup seperti Sungai Perak, Gingga, Bima Sakti, dan Selendang Bima Sakti.

(rei/Tempo)

Komentar
  • HOT !
    Lokasi TPS atau Tempat Pemungutan Suara 17 di daerah Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat memang dekat dengan markas Front Pembela Islam (FPI) yang kerap menyuarakan tuntutan atas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait dugaan penistaan agama....
  • HOT !
    Setelah kabar salah satu pelaku pembunuhan kakak tiri Kim Jong Un memiliki paspor Indonesia, pihak Kementerian Luar Negeri RI pun bergerak cepat untuk memverifikasi berita tersebut. Kemenlu pun telah mengutus Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) melakukan tugas tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Monie47
Cast : All Member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)