home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lembaga Antariksa Ajak Matikan Lampu Nanti Malam, Ada Apa?

Sabtu, 06 Agustus 2016 15:00 by reinasoebisono | 2712 hits
Lembaga Antariksa Ajak Matikan Lampu Nanti Malam, Ada Apa?
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengajak masyarakat untuk ramai-ramai mematikan lampu selama satu jam pada Sabtu malam nanti. Bukan Earth hour yang dilakukan untuk menghemat energi saja.

Namun kampanye ini untuk menyelamatkan hal lainnya, yaitu langit malam yang gelap. Kok bisa? Tahukah kamu jika pada malam hari langit juga terkena polusi cahaya? Hal ini mengakibatkan lunturnya pemandangan langit malam yang harusnya indah.

Saat meluncurkan kampanye ini, Lapan menghimbau untuk mematikan semua lampu, namun hanya yang di luar ruangan selama satu jam, dari pukul 20.00 hingga 21.00. Aksi ini dilakukan agar masyarakat dapat kesempatan untuk mengamati galaksi Bima Sakti yang memiliki ratusan miliar bintang.

Dilakukan saat ini karena langit cerah di musim kemarau bulan Agustus adalah saat yang tepat untuk menyaksikan indahnya langit malam. Sekaligus sebagai pengingat Hari Keantariksaan.

Baca juga: LAPAN Luncurkan Ekspedisi 'Menembus Langit' Lewat Pesawat Tanpa Awak Tepat di Hari Sumpah Pemuda

"Aksi kampanye Malam Langit Gelap atau Dark Sky Night bertujuan membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menyelamatkan langit malam dari polusi cahaya. Aksi tersebut sekaligus bentuk kampanye hemat energi," ujar Thomas Djamaluddin, Ketua Lapan.

Karena kini, pemandangan langit malam dengan gugusan Galaksi Bima Sakti sudah sangat langka terjadi di wilayah perkotaan seperti Jakarta karena parahnya polusi cahaya. Polusi yang dimaksud adalah bertaburnya cahaya lampu malam yang mengalahkan cahaya bintang.

Jadi, matikan lampu nanti malam dan jangan lewatkan pemandangan indah gugusan bintang yangmulai redup seperti Sungai Perak, Gingga, Bima Sakti, dan Selendang Bima Sakti.

(rei/Tempo)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)