SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Puluhan Masjid Ditutup di Perancis Akibat Serangan Teror Paris

Selasa, 02 Agustus 2016 11:00 by Dits | 706 hits
Puluhan Masjid Ditutup di Perancis Akibat Serangan Teror Paris
image source: theatlantic

DREAMERS.ID - Setelah penyerangan ISIS di Paris yang terjadi beberapa waktu lalu membawa dampak pada sejumlah masjid di Perancis. Pemerintah setempat diketahui telah menutup kurang lebih sebanyak 20 masjid dan ruang ibadah umat Islam yang dianggap telah menyebarkan paham radikal sejak Desember tahun lalu.

"Perlawanan melawan #radikalisasi: Sejak Desember 2015, 20 tempat ibadah Muslim ditutup," ujar Menteri Dalam Negeri Perancis Bernard Cazeneuve dalam pernyataannya di Twitter, Senin (1/8) mengutip The Atlantic.

Dewan Perwakilan Umat Muslim Prancis (CFCM) menyatakan ada lebih dari 2.500 masjid dan mushalla tersebar di seluruh wilayah Perancis. Sebanyak 120 di antaranya diduga telah mengajarkan paham radikal yang menjurus kepada kekerasan serta kebencian.

"Tidak ada tempat di Perancis bagi mereka yang menyerukan dan memicu kebencian di ruang ibadah atau masjid," lanjut Cazeneuve.

Baca juga: Wanita Asal Bekasi yang Jadi Istri Petinggi ISIS Filipina Diciduk Beserta Rangkaian Alat Bukti

Perdana Menteri Prancis, Manuel Valls, telah berkoordinasi dengan Dewan Ulama Prancis untuk menghentikan aliran dana pembangunan masjid dari sumber-sumber terindikasi radikal. Kebijakan ini pun telah disetujui oleh mayoritas ulama serta anggota dewan muslim.

Cazeneuve juga mengumumkan bahwa pemerintah Perancis bekerja sama dengan Dewan Muslim Perancis akan meluncurkan yayasan yang menangani pendanaan masjid di negara tersebut.

Seperti diketahui, pengawasan terhadap masjid di Perancis semakin diperketat semenjak penyerangan di Paris pada November tahun lalu yang telah memakan korban sebanyak 130 orang. Penyerangan ISIS akhir bulan lalu, dua militan ISIS membunuh seorang pendeta hingga tewas di gereja katolik Kota Saint-Etienne.

(dits/CNN)

Komentar
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un kerap menuai kritikan karena tindakan yang kontroversial sebagai pemimpin dunia. Menariknya, sejumlah kantor Korea Utara nampak sangat memuja sosok Kim Jong Un yang diklaim memiliki kekuatan super....
  • HOT !
    Memiliki kemampuan menguasasi berbagai bahasa memang sangat berguna, baik itu untuk karier ataupun bersosialisasi. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari berbagai bahasa di dunia dan ingin mengetahui apa yang paling cepat dan paling lama untuk dipelajari, Foreign Service Institute telah menyortir bahasa bahasa utama di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)