SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Angka Kemiskinan di Jakarta Menurun, Kinerja Pemprov DKI Dinilai Sudah Tepat?

Selasa, 02 Agustus 2016 12:00 by zia92 | 691 hits
Angka Kemiskinan di Jakarta Menurun, Kinerja Pemprov DKI Dinilai Sudah Tepat?
Image source: wikimedia.o

DREAMERS.ID - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi DKI Jakarta atas data Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta menganalisa jika angka kemiskinan di ibukota telah mengalami penurunan. Hal ini terlihat jika membandingkan angka kemiskinan pada Maret 2015 dan Maret 2016.

"Jadi Maret sebelumnya sama Maret tahun ini turun sebenarnya, 400 sekian ribu. Sekarang garis kemiskinan di DKI itu 4,71 persen dibanding dari tahun sebelumnya 8-10 persen," kata Donny Joewono, Kepala BI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta, Senin (1/8) melansir Kompas.

Berdasarkan data BPS itu, pada Maret 2016, jumlah penduduk miskin di Jakarta mencapai 384.300 orang atau 3,75 persen dari jumlah keseluruhan penduduk ibukota. Berdasarkan analisa BI, angka kemiskinan di Jakarta terus mengalami penurunan sejak 2013.

Menurut Donny, Jakarta memiliki karakteristik tersendiri akan penyebab kemiskinan. Jika naiknya angka kemiskinan di daerah lain terkait dengan faktor kebutuhan pangan, maka di Jakarta lebih dikarenakan kebutuhan non-pangan.

Baca juga: Jung Joon Young Diam-diam Datang ke Jakarta!

"Jadi orang di Jakarta itu gajinya sebagian besar untuk transportasi sama perumahan. Miskinnya gara-gara itu. Misal sewa rumah, kontrak rumah, jadi gajinya orang Jakarta itu beda sama orang Jateng sama Jatim," ucapnya.

Karena itu, ia memuji langkah Pemprov DKI yang membangun banyak rumah susun sederhana sewa dibarengi dengan layanan bus gratis bagi kalangan tertentu. "Jadi Pemprov DKI Jakarta itu sudah benar track-nya untuk menurunkan orang miskin, maka fokusnya adalah yang non-makanan," ujar Donny.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un kerap menuai kritikan karena tindakan yang kontroversial sebagai pemimpin dunia. Menariknya, sejumlah kantor Korea Utara nampak sangat memuja sosok Kim Jong Un yang diklaim memiliki kekuatan super....
  • HOT !
    Memiliki kemampuan menguasasi berbagai bahasa memang sangat berguna, baik itu untuk karier ataupun bersosialisasi. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari berbagai bahasa di dunia dan ingin mengetahui apa yang paling cepat dan paling lama untuk dipelajari, Foreign Service Institute telah menyortir bahasa bahasa utama di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)