SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sempat Tertunda, 10 Terpidana Narkoba Batal Dieksekusi Mati

Jumat, 29 Juli 2016 10:15 by reinasoebisono | 776 hits
Sempat Tertunda, 10 Terpidana Narkoba Batal Dieksekusi Mati
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Pro dan kontra hukuman mati di Indonesia masih menjadi perdebatan hangat di tengah masyarakat lokal dan dunia. Namun pemerintahan Jokowi tetap melaksanakan eksekusi atas kasus narkoba yang menjadi masalah panjang.

Pada hukuman mati jilid 3 yang dilaksanakan pada Jumat (29/7) dini hari tadi, awalnya direncanakan sebanyak 14 orang akan dieksekusi dan telah dipindahkan ke ruang isolasi. Namun pada akhirnya hanya 4 orang yang menghadapi regu tembak.

Jaksa Agung Muda Umum Kejaksaan Agung Noor Rachmad merinci keempat terpidana mati tersebut adalah Freddy Budiman (Indonesia), Gajetan Acena Seck Osmane (Senegal), Michael Titus Igweh (Nigeria), Humprey Ejike (Nigeria).

“Sementara sisanya akan dilakukan bertahap,” kata Noor Rachmad melansir CNN. Dengan demikian, 10 terpidana mati yang diisolasi di Lapas Nusakambangan resmi batal dieksekusi. Kesepuluh terpidana mati tersebut adalah:

Baca juga: Terungkapnya Peta Lokasi Korea Utara Eksekusi Warga di Depan Publik

Merri Utami, Pujo Lestari dan Agus Hadi dari Indonesia, Zulfiqar Ali (Pakistan), Gurdip Singh (India), Onkonkwo Nonso Kingsley, Eugene Ape, Obina Nwajagu dari Nigeria, Ozias Sibanda dan Federik Luttar yang berkewarganegaraan Zimbabwe.

Belum ada detail pasti mengapa eksekusi kesepuluh terpidana batal dilaksanakan. Namun para kuasa hukum mengatakan telah mengupayakan segala cara untuk membatalkan eksekusi termasuk mengajukan grasi ke Pengadilan Negeri dan Sekretariat Negara.

Sementara itu, eksekusi mati terhadap 4 orang lainnya sempat tertunda karena hujan yang mengguyur kawasan Nusakambangan. Eksekusi mati memang dilakukan di ruang terbuka di mana 1 terpidana akan menghadapi 1 regu tembak yang berjumlah 12 orang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno nampaknya mulai risih ditanyai perihal enggannya Pemprov DKI mengunggah video rapat pimpinan (Rapim) ke Youtube. Padahal, Mantan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah membuat Pergub sebelumnya....
  • HOT !
    Fraksi PKS mengusulkan agar Fahri Hamzah dicopot dari jabatan Wakil Ketua DPR. Pencopotan tersebut diajukan dalam surat yang dibacakan saat paripurna penutupan masa sidang DPR, Senin (11/12). Disebutkan juga kalau F PKS meminta Fahri diganti dengan Ledia Hanifa Amaliah. Lantas bagaimana tanggapan Fahri?...
  • HOT !
     Kakbah adalah sebuah bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di Mekah, Masjidil Haram. Bangunan itu dijadikan arah kiblat saat melaksanakan ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Hingga sekarang ini, bangunan Kakbah selalu ditutup oleh sebuah kain hitam atau yang disebut kiswah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)