SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sempat Tertunda, 10 Terpidana Narkoba Batal Dieksekusi Mati

Jumat, 29 Juli 2016 10:15 by reinasoebisono | 817 hits
Sempat Tertunda, 10 Terpidana Narkoba Batal Dieksekusi Mati
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Pro dan kontra hukuman mati di Indonesia masih menjadi perdebatan hangat di tengah masyarakat lokal dan dunia. Namun pemerintahan Jokowi tetap melaksanakan eksekusi atas kasus narkoba yang menjadi masalah panjang.

Pada hukuman mati jilid 3 yang dilaksanakan pada Jumat (29/7) dini hari tadi, awalnya direncanakan sebanyak 14 orang akan dieksekusi dan telah dipindahkan ke ruang isolasi. Namun pada akhirnya hanya 4 orang yang menghadapi regu tembak.

Jaksa Agung Muda Umum Kejaksaan Agung Noor Rachmad merinci keempat terpidana mati tersebut adalah Freddy Budiman (Indonesia), Gajetan Acena Seck Osmane (Senegal), Michael Titus Igweh (Nigeria), Humprey Ejike (Nigeria).

“Sementara sisanya akan dilakukan bertahap,” kata Noor Rachmad melansir CNN. Dengan demikian, 10 terpidana mati yang diisolasi di Lapas Nusakambangan resmi batal dieksekusi. Kesepuluh terpidana mati tersebut adalah:

Baca juga: Terungkapnya Peta Lokasi Korea Utara Eksekusi Warga di Depan Publik

Merri Utami, Pujo Lestari dan Agus Hadi dari Indonesia, Zulfiqar Ali (Pakistan), Gurdip Singh (India), Onkonkwo Nonso Kingsley, Eugene Ape, Obina Nwajagu dari Nigeria, Ozias Sibanda dan Federik Luttar yang berkewarganegaraan Zimbabwe.

Belum ada detail pasti mengapa eksekusi kesepuluh terpidana batal dilaksanakan. Namun para kuasa hukum mengatakan telah mengupayakan segala cara untuk membatalkan eksekusi termasuk mengajukan grasi ke Pengadilan Negeri dan Sekretariat Negara.

Sementara itu, eksekusi mati terhadap 4 orang lainnya sempat tertunda karena hujan yang mengguyur kawasan Nusakambangan. Eksekusi mati memang dilakukan di ruang terbuka di mana 1 terpidana akan menghadapi 1 regu tembak yang berjumlah 12 orang.

(rei)

  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
  • HOT !
    Bandara Internasional Changi di Singapura terkenal dengan fasilitas mewah, lengkap dan tentu pelayanan memuaskan. Salah satu pelayanan yang paling diidamkan dari sebuah bandara adalah ketepatan waktu....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)