SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Himbauan Kapolri Yang Bisa Picu Kemarahan Warga Soal Vaksin Palsu

Selasa, 19 Juli 2016 15:00 by reinasoebisono | 857 hits
Ini Himbauan Kapolri Yang Bisa Picu Kemarahan Warga Soal Vaksin Palsu
Image source: Huffington

DREAMERS.ID - Kasus beredar dan pemakaian vaksin palsu oleh sejumlah rumah sakit di beberapa daerah memicu kemarahan warga yang anaknya sempat menerima pelayanan vaksin. Kasus ini makin terungkap setelah ditangkapnya sepasang suami-istri.

Sebanyak 14 rumah sakit diduga terlibat kasus vaksin palsu yang tentu merugikan masyarakat ini. Namun Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang baru saja dilantik oleh Presiden Jokowi minggu lalu memberikan himbauan yang cukup mengejutkan.

Melansir CNN, Kapolri Jenderal Tito Karnavian memerintahkan jajarannya untuk tidak lagi mengumumkan nama rumah sakit yang terbukti menggunakan vaksin palsu. Tito beralasan hal itu bertujuan untuk mencegah terulangnya tindak kekerasan dari masyarakat terhadap pihak rumah sakit.

Dalam beberapa hari terakhir, memang banyak warga yang mendatangi rumah sakit yang masuk dalam daftar pengguna vaksin palsu, tempat anaknya mendapat vaksin, melakukan tindak kekerasan terhadap petugas keamanan karena tidak mendapat respon dari pihak rumah sakit.

Namun Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengatakan jika pernyatan Kapolri tersebut bisa memancing kemarahan masyarakat yang lebih besar. Menurut Ketua YLKI Tulus Abadi, masyarakat berhak tahu identitas dokter, rumah sakit serta fasilitas kesehatan yang membeli, menggunakan dan terlibat dalam kasus vaksin palsu.

Baca juga: Hadir di Markas PBB, Kapolri Ungkap Cara Jitu RI Lawan Terorisme

 "Jika tidak diumumkan, bagaimana mereka mengetahui ada keluarga mereka yang menjadi korban vaksin palsu?" kata Tulus.

Mengenai kekhawatiran kericuhan di Rumah Sakit Mutiara Bunda dan Rumah Sakit Elisabeth, Tulus menyarankan agar pihak Kementerian Kesehatan dan Kepolisian serta rumah sakit bekerjasama dalam mengatur pengamanan.

Sementara itu, pihak kepolisian mengatakan jika kasus vaksin palsu ini diperkirakan memakan waktu yang lama karena banyak pihak yang diduga terlibat dan telah menyebar secara luas sehingga sulit terdeteksi.

(rei)

  • HOT !
    Setelah pembatalan sepihak dari Amerika Serikat soal pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi, Kim Jong Un dari Korea Utara kembali bertemu dengna Presiden Korea Selatan, Moon Jae In....
  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)