SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jemaah Haji Tahun Ini Akan Gunakan Gelang Identitas dengan Teknologi Canggih

Sabtu, 02 Juli 2016 20:00 by Dits | 1616 hits
Jemaah Haji Tahun Ini Akan Gunakan Gelang Identitas dengan Teknologi Canggih
image source: reuters.com

DREAMERS.ID - Peristiwa saling injak seringkali terjadi saat para jemaah haji menunaikan ibadah di Mekkah. Tak sedikit yang meninggal akibat insiden tersebut pada tahun lalu lebih dari 2.000 jiwa dan para korban sulit teridentifikasi.

Untuk mengantisipasi peristiwa tersebut, maka pada tahun ini jemaah haji akan menggunakan gelang identitas agar mereka mudah diidentifikasi. Dilaporkan Daily Mail, gelang tersebut memiliki teknologi canggih sehingga memudahkan otoritas haji di Makkah, Arab Saudi, saat melayani dan mengidentifikasi jemaah jika terjadi peristiwa tersebut.

Menurut data pihak asing, pada tragedy yang terjadi pada 24 September tahun lalu, sedikitnya 2.297 jemaah haji dari berbagai negara meninggal dunia, dan sebelas di antaranya berasal dari jemaah haji Indonesia.

Baca juga: Layanan Istimewa, Jemaah Haji Indonesia Disediakan 'Photobooth' untuk Selfie

Tentunya kejadian tersebut adalah yang terburuk dalam sejarah ibadah haji. Sejumlah kalangan kemudian mengeluhkan sulitnya mengidentifikasi jenazah. Melalui situs Arab News dan koran Saudi Gazzette, dilaporkan kalau gelang yang akan digunakan oleh Jemaah tahan air dan terhubung ke sistem GPS.

Gelang tersebut akan menyimpan seluruh informasi terkait identitas jemaah termasuk alamat dan catatan riwayat kesehatan. Sebagai informasi tambahan dalam sistem pengamanan otoritas Saudi sudah memasang lebih dari 800 kamera dalam penyelenggaraan haji tahun ini.

Source:
  • HOT !
    Foto resmi Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi saat baru menjabat sebagai presiden pada 2014 kembali mencuri perhatian dan mendadak viral. Netizen internasional ramai menyebut bahwa Jokowi mirip dengan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama....
  • HOT !
    Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta makin siap meramaikan industri penerbangan dengan menampung lebih banyak lagi maskapai yang akan berangkat dan mendarat di sana. Dan tercatat akan ada 8 maskapai yang pindah pada bulan Mei 2018 ini....
  • HOT !
    Rekayasa lalu lintas dengan uji coba penutupan jalan akan kembali dilakukan di Ibu Kota Jakarta. Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan akan menata Jalan Mampang Prapatan dengan menutup tiga persimpangan mulai Jumat 18 Mei 2018, besok....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)