SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jemaah Haji Tahun Ini Akan Gunakan Gelang Identitas dengan Teknologi Canggih

Sabtu, 02 Juli 2016 20:00 by Dits | 1586 hits
Jemaah Haji Tahun Ini Akan Gunakan Gelang Identitas dengan Teknologi Canggih
image source: reuters.com

DREAMERS.ID - Peristiwa saling injak seringkali terjadi saat para jemaah haji menunaikan ibadah di Mekkah. Tak sedikit yang meninggal akibat insiden tersebut pada tahun lalu lebih dari 2.000 jiwa dan para korban sulit teridentifikasi.

Untuk mengantisipasi peristiwa tersebut, maka pada tahun ini jemaah haji akan menggunakan gelang identitas agar mereka mudah diidentifikasi. Dilaporkan Daily Mail, gelang tersebut memiliki teknologi canggih sehingga memudahkan otoritas haji di Makkah, Arab Saudi, saat melayani dan mengidentifikasi jemaah jika terjadi peristiwa tersebut.

Menurut data pihak asing, pada tragedy yang terjadi pada 24 September tahun lalu, sedikitnya 2.297 jemaah haji dari berbagai negara meninggal dunia, dan sebelas di antaranya berasal dari jemaah haji Indonesia.

Baca juga: Layanan Istimewa, Jemaah Haji Indonesia Disediakan 'Photobooth' untuk Selfie

Tentunya kejadian tersebut adalah yang terburuk dalam sejarah ibadah haji. Sejumlah kalangan kemudian mengeluhkan sulitnya mengidentifikasi jenazah. Melalui situs Arab News dan koran Saudi Gazzette, dilaporkan kalau gelang yang akan digunakan oleh Jemaah tahan air dan terhubung ke sistem GPS.

Gelang tersebut akan menyimpan seluruh informasi terkait identitas jemaah termasuk alamat dan catatan riwayat kesehatan. Sebagai informasi tambahan dalam sistem pengamanan otoritas Saudi sudah memasang lebih dari 800 kamera dalam penyelenggaraan haji tahun ini.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)