home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diminta Biaya Super Mahal, Seoul Bantah Tuduhan Operasi Plastik Dari China

Kamis, 30 Juni 2016 20:00 by reinasoebisono | 1947 hits
Diminta Biaya Super Mahal, Seoul Bantah Tuduhan Operasi Plastik Dari China
Image source: wsj.com

DREAMERS.ID - Meski budaya operasi plastik sudah bukan hal aneh atau tabu di Korea Selatan, bukan berarti tidak banyak masalah yang terjadi dalam prosedurnya. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, negeri tetangganya, China menuduh Korsel melakukan diskriminasi terhadap warganya.

Awal tahun ini, Kota Beijing via stasiun TV China Central menyiarkan berita tentang operasi plastik bersifat kosmetik di Seoul. Berita selama 4 menit itu menunjukkan adanya peningkatan biaya operasi dengan sengaja atau mark-up harga.

Berita itu memperlihatkan seorang turis berkewarganegaraan China mengatakan jika klinik operasi plastik, khususnya Gangnam biasa mengenakan biaya 2-10 kali lebih tinggi dari biaya untuk warga lokal. Hal ini menyebabkan turis dari Negeri Tirai Bambu itu enggan mengunjungi Korsel lagi.

Karena gelombang hallyu atau K-Pop yang mendunia melalui selebriti dan dramanya, tren operasi plastik profesional di Korea Selatan menarik wisatawan asing untuk melakukan ‘pebenahan’ pada tubuh dan wajahnya di negeri gingseng tersebut.

Melansir Korea Herald, total ada 36.224 warga asing yang melakukan operasi plastik di Korea pada tahun 2014. Sekitar 56% melakukan prosedur operasi di Gangnam, menurut data Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan.

Baca juga: Deretan Idol K-Pop yang Akui Jalani Prosedur Operasi Wajah (Part 2)

Sayangnya, hingga tahun 2015, terjadi penurunan yang snagat signifikan, hingga 40%. Meski begitu, pihak Korsel mengatakan penurunan drastis tersebut karena adanya kasus virus MERS pada tahun lalu.

Namun tanggapan lain dikeluarkan oleh seorang pemilik klinik farmasi di Apgujeong, Gangnam. Wanita yang tidak ingin disebutkan namanya ini mengatakan memang terjadi penurunan kunjungan wisatawan asing terutama dari China hingga sepertiganya.

Hal ini difokuskan olehnya karena kebanyakan wisatawan China tidak bisa berbahasa Korea sehingga mereka ditangani oleh pihak prosedur ilegal dan ditipu dengan menerima kenaikan harga yang tidak normal.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)