SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Darat, Laut Atau Udara, Angkutan Umum Mana Yang Jadi Favorit Pemudik Lebaran?

Selasa, 28 Juni 2016 10:50 by reinasoebisono | 952 hits
Darat, Laut Atau Udara, Angkutan Umum Mana Yang Jadi Favorit Pemudik Lebaran?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Sarana transportasi umum masih jadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk pulang kampung atau mudik. Selain banyak pilihan, alasan efisien dan mengurangi beban fisik di perjalanan jadi faktor utama masyarakat memilih transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi.

Namun angkutan umum jenis apakah yang masih jadi favorit masyarakat? Seperti yang kita ketahui, tiket-tiket kereta api dan kapal laut sudah habis terjual bahkan beberapa bulan sebelum bulan Ramadhan datang.

Tapi ternyata, bukan transportasi di atas yang jadi pilihan utama pemudik. Melansir Liputan 6, sebuah survei yang dilakukan terhadap 400 orang yang mudik Lebaran tahun ini memilih transportasi udara sebagai sarana favoritnya.

Rinciannya, dari 233 responden yang memilih transportasi umum, sebanyak 19% memilih menggunakan pesawat terbang. Sementara di posisi dua ada kereta kelas eksekutif sebanyak 10.4% yang disusul oleh bus kelas ekonomi sebesar 9.6%.

Baca juga: Nostalgia Lewat Sederet Bus Jadul yang Unik Mulai Tahun 1960-an Ini!

Untuk tahun ini, sebanyak 32.3% memilih untuk berangkat h-7 Lebaran. Itu artinya, lonjakan padatnya lalu lintas akan mulai terjadi pertengahan minggu ini. Hasil ini didapat dari Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI).

"Pemerintah disarankan tetap melakukan rekayasa lalu lintas termasuk pengaturan keluar masuk rest area di jalan tol. Selain itu sebaiknya masyarakat mengatur rencana keberangkatan agar tidak terjebak kemacetan panjang," ujar Hendri Satrio, juru bicara KedaiKOPI.

(rei)

  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
  • HOT !
    Bandara Internasional Changi di Singapura terkenal dengan fasilitas mewah, lengkap dan tentu pelayanan memuaskan. Salah satu pelayanan yang paling diidamkan dari sebuah bandara adalah ketepatan waktu....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)