SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Tertarik Politik, Masyarakat Korsel Juga Miliki Kepercayaan yang Rendah Akan Media

Jumat, 24 Juni 2016 15:00 by zia92 | 1803 hits
Tak Tertarik Politik, Masyarakat Korsel Juga Miliki Kepercayaan yang Rendah Akan Media
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Media massa baik cetak, elektronik, atau online merupakan sumber pemberitaan yang bisa menjadi tempat bagi masyarakat untuk mengetahui informasi atau peristiwa terbaru. Namun dalam sebuah laporan internasional terbaru menemukan bahwa Korea Selatan memiliki peringkat yang rendah untuk orang yang percaya akan sumber pemberitaan.

Laporan berjudul ‘Media Issues’ tersebut diterbitkan oleh pusat penelitian media Korea Press Foundation pada 21 Juni lalu. Laporan tersebut mebandingkan konsumsi berita dari 26 negara, termasuk Korea Selatan, AS, Inggris, Jepang, Kanada, Spanyol, dan Brasil.

Para peneliti pun kemudian menemukan bahwa negara Korea Selatan memiliki tingkat yang sangat tinggi dalam mengkonsumi berita dari media online, sedangkan untuk media cetak, tingkat masyarakat Korsel untuk membacanya sangat rendah.


Image source: hani.co.kr

Baca juga: Ketika Anies-Sandi Mulai Tertutup Pada Media Dibandingkan dengan Era Ahok-Djarot, Apa Alasannya?

Menariknya, dalam laporan tersebut menyebutkan jika Jepang dan Korea Selatan cenderung memiliki tingkat yang rendah akan konsumsi berita hard news seperti hal-hal yang berkaitan dengan masalah internasional, politik, dan ekonomi. Namun memiliki tingkat yang tinggi akan soft news seperti pemberitaan mengenai lifestyle, olahraga, dan entertainment.

Dalam laporan ini juga mencatat bahwa Korea Selatan menempati tempat terendah akan kepercayaan masyarakat terhadap organisasi atau media pemberitaan, yang baru-baru ini diperburuk oleh isu seperti tenggelamnya feri Sewol dan wabah MERS.

(fzh/Soompi)

Komentar
  • HOT !
    Penundaan pertemuan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebabkan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan kelembagaan masyarakat merasa kecewa. Mereka pun meluapkan emosinya di Balai Kota, sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (12/12)....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)