SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Punya Tujuan Mulia, Kain Penutup Ka'bah Ini Dilelang dan Raup Total Milyaran Rupiah

Kamis, 23 Juni 2016 11:20 by reinasoebisono | 1480 hits
Punya Tujuan Mulia, Kain Penutup Ka'bah Ini Dilelang dan Raup Total Milyaran Rupiah
Image source: The Beauty

DREAMERS.ID - Jumlah pengungsi Timur Tengah makin banyak dan memiliki kondisi cukup memprihatinkan. Negara-negara Arab lainnya pun gencar dipertanyakan perannya dalam membatu pengungsi yang berupaya menyelamatkan diri dari konflik berkepanjangan di negaranya.

Kini Pemerintah Uni Emirat Arab memfasilitasi sebuah pelelangan yang hasilnya disalurkan ke negara-negara yang memiliki banyak pengungsi Timur Tengah. Barang-barang yang dilelang semuanya adalah benda bersejarah dari zaman keemasan Khilafah Islamiyah.

Acara amal yang telah dilaksanakan Rabu (22/6) kemarin itu berhasil mengumpulkan total lebih dari USD 11 juta atau setara dengan Rp 145 Miliar di mana seluruh hasil sumbangan akan diberikan untuk anak-anak pengungsi.

Barang yang paling mahal dilelang adalah kain penutup Ka'bah atau Kiswah yang dijahit dengan benang emas yang usianya telah mencapai lebih dari satu abad. Kain Kiswah ini terjual dengan harga USD 572 ribu atau setara dengan Rp 8 Miliar.


Kiswah di pintu Kakbah (Flickr)

Baca juga: Berikan Kiswah Kakbah, Ini Permintaan Khusus Raja Salman untuk Masjid Istiqlal

Melansir Merdeka, pembeli Kiswah tersebut adalah salah satu syeikh terkaya di jagat Uni Emirat Arab. Sebelumnya, Kiswah bersejarah itu dimiliki oleh Syeikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, penguasa Dubai.

Tidak hanya Kiswah, namun Al-Quran abad ke-17 juga ikut dilelang dengan harga USD 68 ribu. Selain juga dilakukan aksi pengumpulan buku yang mencapai jumlah 7.3 juta buku untuk disumbangkan kepada anak-anak pengungsi hingga akhir bulan Ramadhan nanti.

Saat ini, lembaga PBB UNHCR melaporkan negara paling banyak menerima pengungsi adalah Turki dengan total 1.84 juta jiwa. Di mana lonjakan pengungsi terbesar berasal dari dua negara konflik berkepanjangan, Suriah dan Afghanistan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)