home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jaga Sistem Negara, Anak Muda Korea Selatan Ini Jalani Masa Trainee Sebagai Hacker

Selasa, 21 Juni 2016 14:35 by reinasoebisono | 2240 hits
Jaga Sistem Negara, Anak Muda Korea Selatan Ini Jalani Masa Trainee Sebagai Hacker
Image source: thedailybea

DREAMERS.ID - Jika di Indonesia anak-anak muda dilatih jiwa kewirausahaan dan kepemimpinannya, beda hal dengan Korea Selatan yang memberi pelatihan tak biasa ke penerus bangsanya. Salah satu negara dengan kecepatan internet tertinggi di dunia ini justru melatih anak mudanya menjadi hacker.

Murid-murid di Korea Selatan dilatih untuk memecahkan kode-kode sulit untuk mempertahankan sistem dari serangan dunia. Dengan kata lain, mereka dilatih untuk meretas kode yang nantinya berujung pada hacker VS hacker.

Karena walaupun memiliki internet super cepat, ternyata Korea Selatan adalah negara yang rentan dengan peretasan. Melansir CNN, hal ini dilakukan untuk menahan serangan hacker terutama dari negeri saudaranya, Korea Utara.

Sejauh ini, diketahui Korea Utara memiliki 6.000 ‘tentara dunia maya’ yang memiliki fokus meretas sistem negara Korsel. Bahkan, ada sebuah ruang kelas di Universitas Korea Selatan yang memiliki peralatan IT canggih yang disebut ‘ruang perang’.

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

Pelatihan dunia maya ini bersifat rahasia. Di mana pelatihan dikenal hanya dengan angka dan menyembunyikan identias para pengajar maupun muridnya. Jika sebagian anak muda di Korsel menjalankan pelatihan di bidang entertainment, anak-anak terpilih ini menjalani masa trainee selama 7 tahun di bidang informasi teknologi.

Usianya pun relatif muda, masih berusia 21-23 tahun. Itu artinya, mereka telah memulai pelatihan sebagai hacker sejak usia muda, mulai 14-16 tahun.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)