SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menakjubkan, Ini Jumlah Air yang Dikeluarkan Sumur Zamzam Setiap Detiknya

Jumat, 17 Juni 2016 16:00 by zia92 | 2080 hits
Menakjubkan, Ini Jumlah Air yang Dikeluarkan Sumur Zamzam Setiap Detiknya
Image source: skyscraperc

DREAMERS.ID - Air Zamzam biasa dijadikan buah tangan oleh seseorang yang mengunjungi Mekah saat menjalankan ibadan Umrah atau Haji. Namun dengan banyaknya orang hingga jutaan setiap tahunnya yang berkunjung, pernahkan terlintas pertanyaan “berapa banyak air yang dikeluarkan sumur Zamzam?”

Dilansir dari laman Saudi Gazzete, sumur Zamzam yang terletak 20 meter dari Ka’bah ini mampu memompa 11 hingga 19 liter air setiap detiknya. Jumlah yang sangat fantastis untuk memuhi kebutuhan banyak orang selama ribuan tahun dan hingga kini sumur tersebut tak pernah kering.

Ada keluarga-keluarga tertentu yang bertanggung jawab untuk menuangkan air Zamzam untuk orang-orang yang mengunjungi sumur. Selain itu, ada juga pabrik untuk memurnikan air yang dibangun di dekat Masjidil Haram untuk melayani jamaah haji.


Image source: Kiswahkabah

“King Abdullah Zamzam Water Factory menghasilkan 200.000 botol air berisi 10 liter zamzam dalam sehari. Produksi botol air bertambah selama Ramadhan dan musim haji,” kata Zuhair Nawab, Presiden Saudi Geological Survey.

Pusat penelitian khusus untuk air Zamzam juga didirikan untuk memastikan air zamzam disajikan pada kualitas terbaik. Pusat ini meneliti tentang sumber air Zamzam, jenis tanah di sekitarnya, dan jenis air yang keluar.

Seperti diceritakan dalam sejarah, kisah air Zamzam ini dimulai saat istri Nabi Ibrahim, Siti Hajar tengah kesusahan mencari air untuk anaknya, Ismail yang kehausan. Dengan kuasa Allah, dari sela-sela jari Ismail keluarlah air yang kini dikenal sebagai Zamzam.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)