SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menakjubkan, Ini Jumlah Air yang Dikeluarkan Sumur Zamzam Setiap Detiknya

Jumat, 17 Juni 2016 16:00 by zia92 | 2161 hits
Menakjubkan, Ini Jumlah Air yang Dikeluarkan Sumur Zamzam Setiap Detiknya
Image source: skyscraperc

DREAMERS.ID - Air Zamzam biasa dijadikan buah tangan oleh seseorang yang mengunjungi Mekah saat menjalankan ibadan Umrah atau Haji. Namun dengan banyaknya orang hingga jutaan setiap tahunnya yang berkunjung, pernahkan terlintas pertanyaan “berapa banyak air yang dikeluarkan sumur Zamzam?”

Dilansir dari laman Saudi Gazzete, sumur Zamzam yang terletak 20 meter dari Ka’bah ini mampu memompa 11 hingga 19 liter air setiap detiknya. Jumlah yang sangat fantastis untuk memuhi kebutuhan banyak orang selama ribuan tahun dan hingga kini sumur tersebut tak pernah kering.

Ada keluarga-keluarga tertentu yang bertanggung jawab untuk menuangkan air Zamzam untuk orang-orang yang mengunjungi sumur. Selain itu, ada juga pabrik untuk memurnikan air yang dibangun di dekat Masjidil Haram untuk melayani jamaah haji.


Image source: Kiswahkabah

“King Abdullah Zamzam Water Factory menghasilkan 200.000 botol air berisi 10 liter zamzam dalam sehari. Produksi botol air bertambah selama Ramadhan dan musim haji,” kata Zuhair Nawab, Presiden Saudi Geological Survey.

Pusat penelitian khusus untuk air Zamzam juga didirikan untuk memastikan air zamzam disajikan pada kualitas terbaik. Pusat ini meneliti tentang sumber air Zamzam, jenis tanah di sekitarnya, dan jenis air yang keluar.

Seperti diceritakan dalam sejarah, kisah air Zamzam ini dimulai saat istri Nabi Ibrahim, Siti Hajar tengah kesusahan mencari air untuk anaknya, Ismail yang kehausan. Dengan kuasa Allah, dari sela-sela jari Ismail keluarlah air yang kini dikenal sebagai Zamzam.

(fzh)

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)