home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menakjubkan, Ini Jumlah Air yang Dikeluarkan Sumur Zamzam Setiap Detiknya

Jumat, 17 Juni 2016 16:00 by fzhchyn | 2797 hits
Menakjubkan, Ini Jumlah Air yang Dikeluarkan Sumur Zamzam Setiap Detiknya
Image source: skyscraperc

DREAMERS.ID - Air Zamzam biasa dijadikan buah tangan oleh seseorang yang mengunjungi Mekah saat menjalankan ibadan Umrah atau Haji. Namun dengan banyaknya orang hingga jutaan setiap tahunnya yang berkunjung, pernahkan terlintas pertanyaan “berapa banyak air yang dikeluarkan sumur Zamzam?”

Dilansir dari laman Saudi Gazzete, sumur Zamzam yang terletak 20 meter dari Ka’bah ini mampu memompa 11 hingga 19 liter air setiap detiknya. Jumlah yang sangat fantastis untuk memuhi kebutuhan banyak orang selama ribuan tahun dan hingga kini sumur tersebut tak pernah kering.

Ada keluarga-keluarga tertentu yang bertanggung jawab untuk menuangkan air Zamzam untuk orang-orang yang mengunjungi sumur. Selain itu, ada juga pabrik untuk memurnikan air yang dibangun di dekat Masjidil Haram untuk melayani jamaah haji.


Image source: Kiswahkabah

“King Abdullah Zamzam Water Factory menghasilkan 200.000 botol air berisi 10 liter zamzam dalam sehari. Produksi botol air bertambah selama Ramadhan dan musim haji,” kata Zuhair Nawab, Presiden Saudi Geological Survey.

Pusat penelitian khusus untuk air Zamzam juga didirikan untuk memastikan air zamzam disajikan pada kualitas terbaik. Pusat ini meneliti tentang sumber air Zamzam, jenis tanah di sekitarnya, dan jenis air yang keluar.

Seperti diceritakan dalam sejarah, kisah air Zamzam ini dimulai saat istri Nabi Ibrahim, Siti Hajar tengah kesusahan mencari air untuk anaknya, Ismail yang kehausan. Dengan kuasa Allah, dari sela-sela jari Ismail keluarlah air yang kini dikenal sebagai Zamzam.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)