home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terbukti Memangsa Manusia, Singa-Singa Ini Diancam Hukuman Penjara Seumur Hidup

Jumat, 17 Juni 2016 10:10 by reinasoebisono | 1791 hits
Terbukti Memangsa Manusia, Singa-Singa Ini Diancam Hukuman Penjara Seumur Hidup
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Aksi pencabutan nyawa manusia memang bisa berujung di penjara setelah menghadapi proses hukum. Namun apa jadinya jika para pelaku adalah binatang liar yang hidup di alam bebas seperti singa? Hal aneh ini terjadi di Negeri Bollywood.

Ya, pengadilan khusus singa dilakukan di India karena banyaknya warga yang jadi korban serangan singa dalam beberapa bulan terakhir di India. Serangan ini banyak terjadi di barat negara bagian Gujarat. Investigasi yang dinilai tak lazim pun dilakukan oleh petugas cagar alam Junagadh Wildlife Circle.

Petugas menangkap sekitar 17 singa dari lokasi mayat ditemukan lalu diteliti kotorannya untuk sampel bukti tindak kejahatan. Mengutip CNN, seekor singa telah dinyatakan bersalah karena di kotorannya terdapat serpihan rambut manusia.

Singa tersebut langsung divonis penjara seumur hidup di kebun binatang setempat. Alhasil, singa yang terbukti dan divonis akan menghabiskan masa hidupnya di dalam sel kebun binatang. Belum ada kejelasan tentang nasib singa lain yang ditangkap.

"Mereka akan menjalani pengadilan yang adil dan tetap di bawah pengawasan untuk beberapa waktu," kata Anirudh Pratap Singh, kepala cagar alam Junagadh Wildlife Circle.

Singa di India dikenal sangat jarang memangsa manusia, namun dalam 6 bulan terakhir diketahui telah ada 6 kasus pembunuhan. Bahkan 3 di antaranya, singa hanya memakan sebagian anggota tubuh korban yang kembali dinilai tidak normal.

Namun sebaiknya bukan hukuman yang diterapkan, karena selain tidak sesuai untuk spesies berbeda, baiknya dilakukan penelitian jika ada perubahan keseimbangan ekosistem dalam populasi singa yang menyebabkan kebiasaan mereka terganggu.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)