SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Retas Ribuan Website di Dunia, Pelajar SMA di Korea Ini Ditangkap

Kamis, 16 Juni 2016 11:00 by zia92 | 1987 hits
Retas Ribuan Website di Dunia, Pelajar SMA di Korea Ini Ditangkap
Image source: koreatimes.

DREAMERS.ID - Seorang murid sekolah menengah atas (SMA) di Korea Selatan yang diduga telah meng-hack atau meretas hampir 4.000 website dari 87 negara dilaporkan telah ditangkap oleh pihak yang berwajib.

Pada Selasa (14/6) lalu, polisi mengatakan bahwa siswa 16 tahun yang identitasnya dirahasiakan tersebut didakwa karena meretas total 3.847 situs selama April 2015 hingga April tahun ini. dirinya pun diyakini mengikuti kelompok ‘hacktivist’ internasional yang terkenal, yaitu Anonymous.

Menurut Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, siswa tersebut mengatakan bahwa dirinya belajar hacking dari program yang bisa diakses melalui Google. Dia mengatakan kepada polisi bahwa dirinya juga berpartisipasi dalam operasi hacking yang Anonymous luncurkan untuk mendukung gerakan demokrasi Hong Kong pada tahun 2014 silam.

Di antara 3.847 situs tersebut, sebanyak 141 merupakan situs Korea, terutama usaha kecil dan menengah. Polisi juga mengatakan bahwa siswa ini tidak merusak data pribadi namun hanya menampilkan pesan di halaman utama situs yang berbunyi “Website telah diretas”. Setelah berhasil meretas, tersangka pun memposting daftar situs tersebut ke akun media sosialnya.

Baca juga: Korea Selatan Waspadai Grup 'Hacker' Berbahaya dan Mumpuni Korea Utara, Reaper

Dia diduga melakukan kejahatan ini untuk menunjukkan kemampuan hacking-nya. Jumlah situs yang diretas kemungkinan bisa lebih besar karena ia diduga sudah mulai melakukannya sejak tiga tahun lalu, saat dirinya masih berusia 13 tahun.

Sementara itu, pihak keluarga mengaku tidak mengetahui apa yang dilakukan anaknya tersebut. “Nilai akademik anakku tidak buruk dan dia juga bergaul dengan baik dengan siswa lain,” ujar orangtua kepada polisi. Kasus ini pun telah dikirim ke kejaksaan untuk proses lebih lanjut.

(fzh/koreatimes)

  • HOT !
    Rencana kegiatan Tarawih berjamaah atau Tarawih Akbar di Monumen Nasional diminta untuk ditinjau kembali karena beberapa alasan. Yang sempat santer terdengar adalah dikhawatirkan adanya unsur politis dalam pelaksanaannya....
  • HOT !
    Ditengah teriknya matahari Minggu (20/05) ada kejadian tak terduga yang menimpa salah satu pengemudi mobil sport mewah ketika melewati jalan tol dalam kota, Slipi, Jakarta Barat. Mobil jenis Porsche berwarna kuning itu hangus terbakar....
  • HOT !
    Tibalah hari pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Sudah diantisipasi sejak lama, hari bahagia pasangan ini akan menjadi sorotan di seluruh dunia. Pesta pernikahannya sendiri akan menggabungkan dua nuansa yaitu prosesi Kerajaan Inggris dan glamor ala Hollywood....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)