home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inggris Sukses Lakukan Transplantasi Tangan Pertama

Jumat, 04 Januari 2013 09:00 by ningcil | 3252 hits
Inggris Sukses Lakukan Transplantasi Tangan Pertama
bbc.co.uk

Transplantasi atau cangkok organ tubuh adalah pemindahan seluruh atau sebagian organ dari satu tubuh ke satu tubuh lainnya. Jika biasanya kita hanya mendengar atau melihat tentang transplantasi organ tubuh seperti jantung, ginjal, atau mata, ternyata di Inggris sudah dapat mentransplantasi bagian tubuh lainnya, yaitu tangan.

Seorang pria bernama Mark Cahill (51) yang berasal dari Greetland merupakan seseorang yang sudah 20 tahun menderita asam urat. Pada awal mula, bagian tubuh yang tidak dapat ia gerakkan adalah ibu jari dan kakinya, namun penyakitnya semakin parah hingga tangan kanan beserta jarinya tak bisa membuka dan tak bisa difungsikan lagi.

Mulanya dokter setempat menyarankan ia untuk melakukan pemasangan tangan buatan mirip robot atau tangan bionik, namun ia memilih agar dokter melakukan transplantasi  untuk tangannya. Dilansir dari BBC Indonesia, untuk pertama kalinya operasi ini dilangsungkan, dan untuk pertama kalinya tangan seorang donor diamputasi.

Operasi yang memakan waktu selama delapan jam di Rumah Sakit Umum Leeds tersebut dilakukan pada 27 Desember 2012 lalu, namun dokter yang menangani berpendapat bahwa maish terlalu dini untuk menyebut apakah tangan akan berfungsi sempurna walaupun tanda-tanda positif mulai nampak, seperti jari yang bisa di gerakkan.

Baca juga: Intip Deretan Negara yang Merayakan Tahun Baru Paling Keren

Sementara itu, sang pasien operasi tranplantasi tangan, Mark Cahill mengaku merasa nyaman dengan cangkokan tangan tersebut dan tidak lagi merasakan nyeri. “Waktu saya lihat dan saya coba goyangkan, rasanya persis seperti tangan saya sendiri”, ujarnya. Cahill pun sudah tidak sabar untuk mencoba melakukan berbagai hal dengan tangan barunya.

Walaupun Cahill merupakan orang pertama yang menjalani transplantasi tangan di Inggris, namun ini bukanlah yang pertama kalinya di dunia. Sebelumnya seorang warga New Zealand bernama Clint Hallam melakukan operasi transplantasi tangan di Prancis pada tahun 1998. Namun tangan cangkokannya diangkat kembali karena menurutnya terasa seperti tangan mati yang kebas tanpa rasa.

 

Wah, bagaimana ya rasanya punya tangan ‘baru’?

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)