SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inggris Sukses Lakukan Transplantasi Tangan Pertama

Jumat, 04 Januari 2013 09:00 by ningcil | 3066 hits
Inggris Sukses Lakukan Transplantasi Tangan Pertama
bbc.co.uk

Transplantasi atau cangkok organ tubuh adalah pemindahan seluruh atau sebagian organ dari satu tubuh ke satu tubuh lainnya. Jika biasanya kita hanya mendengar atau melihat tentang transplantasi organ tubuh seperti jantung, ginjal, atau mata, ternyata di Inggris sudah dapat mentransplantasi bagian tubuh lainnya, yaitu tangan.

Seorang pria bernama Mark Cahill (51) yang berasal dari Greetland merupakan seseorang yang sudah 20 tahun menderita asam urat. Pada awal mula, bagian tubuh yang tidak dapat ia gerakkan adalah ibu jari dan kakinya, namun penyakitnya semakin parah hingga tangan kanan beserta jarinya tak bisa membuka dan tak bisa difungsikan lagi.

Mulanya dokter setempat menyarankan ia untuk melakukan pemasangan tangan buatan mirip robot atau tangan bionik, namun ia memilih agar dokter melakukan transplantasi  untuk tangannya. Dilansir dari BBC Indonesia, untuk pertama kalinya operasi ini dilangsungkan, dan untuk pertama kalinya tangan seorang donor diamputasi.

Operasi yang memakan waktu selama delapan jam di Rumah Sakit Umum Leeds tersebut dilakukan pada 27 Desember 2012 lalu, namun dokter yang menangani berpendapat bahwa maish terlalu dini untuk menyebut apakah tangan akan berfungsi sempurna walaupun tanda-tanda positif mulai nampak, seperti jari yang bisa di gerakkan.

Baca juga: Kontroversi Pendeta British Doakan Pangeran George Jadi Gay Tuai Kecaman, Alasannya?

Sementara itu, sang pasien operasi tranplantasi tangan, Mark Cahill mengaku merasa nyaman dengan cangkokan tangan tersebut dan tidak lagi merasakan nyeri. “Waktu saya lihat dan saya coba goyangkan, rasanya persis seperti tangan saya sendiri”, ujarnya. Cahill pun sudah tidak sabar untuk mencoba melakukan berbagai hal dengan tangan barunya.

Walaupun Cahill merupakan orang pertama yang menjalani transplantasi tangan di Inggris, namun ini bukanlah yang pertama kalinya di dunia. Sebelumnya seorang warga New Zealand bernama Clint Hallam melakukan operasi transplantasi tangan di Prancis pada tahun 1998. Namun tangan cangkokannya diangkat kembali karena menurutnya terasa seperti tangan mati yang kebas tanpa rasa.

 

Wah, bagaimana ya rasanya punya tangan ‘baru’?

Komentar
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....
  • HOT !
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya, Sandiaga Uno membentuk Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Rencananya akan ada 75 orang TGUPP yang akan direkrut....
  • HOT !
    Entah apa yang ada di balik keputusan Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan memindahkan Kedutaan Besar dari Ibu Kota sebelumnya di Tel Aviv ke kota 3 agama itu. Sejumlah pendapat menilai jika ia tengah melaksanakan janji kampanye, membuat pendukungnya yang pro Israel puas....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)