home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

ISIS Klaim Bertanggung Jawab Atas Serangan Penembakan Klub Gay di Orlando

Senin, 13 Juni 2016 09:40 by Dits | 1915 hits
ISIS Klaim Bertanggung Jawab Atas Serangan Penembakan Klub Gay di Orlando
image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Serangan yang terjadi di sebuah bar komunitas gay club di Orlando, Amerika Serikat pada Minggu (12/6) kemarin memang mengejutkan. Sekitar 50 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat serangan yang dilakukan oleh pelaku bernama Omar Mir Seddique Mateen.

Setelah serangan itu terjadi, pihak Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) pun mengklaim bertanggung jawab atas penembakan massal di klub gay Kota Orlando, Florida, Amerika Serikat. Omar Mir Seddique Mateen disebut oleh kelompok militan orang yang direkrut mereka untuk meneror Negeri Paman Sam.

"Prajurit Negara Islam telah menjalankan tugasnya di Orlando," demikian ditulis oleh Amaq, situs berita propaganda para militan khilafah seperti dilansir Reuters, Senin (13/6).

Meski sejauh ini Mateen diduga terpengaruh paham radikal ISIS, namun tidak ada tanda-tanda dia beraksi atas dukungan atau arahan pihak lain. Pihak Investigasi Federal (FBI) meragukan pernyataan militant tersebut.

Di saat bersamaan, pejabat dari Homeland Security - lembaga antiteror AS - mengakui bahwa pria 29 tahun keturunan Afghanistan itu mengatasnamakan ISIS dalam aksinya.

Baca juga: Begini Alasan Anak-Istri Terduga Teroris ISIS Eks WNI Tidak Bisa Ditangani LPSK

"Satu-satunya hubungan pelaku dengan ISIS adalah baiat yang dijalankan persis sebelum melakukan penembakan massal," kata pejabat yang menolak disebut namanya itu.

FBI menyatakan insiden di Orlando ini adalah penembakan massal terparah sepanjang sejarah Negeri Paman Sam. Sebagai perbandingan, penembakan San Bernadino California tahun lalu dilakukan pasangan yang juga terpengaruh paham ISIS, menewaskan 14 orang melukai belasan lainnya.

Seperti diketahui, Mateen menyerbu Kelab Pulse sendirian pada Jumat (12/6) dini hari waktu setempat, saat melakukan penyerangan ia membawa senapan mesin jenis AR15 dan pistol. Mateen sempat menyandera pengunjung sebelum akhirnya ditembak mati oleh tim SWAT.

FBI menyatakan keterkaitan ISIS akan terus didalami. Insiden ini oleh FBI sudah masuk kategori terorisme domestik. "Kami punya dugaan bahwa pelaku penembakan terpengaruh ideologi yang mengarah ke (ISIS) tapi kami belum bisa mengatakannya secara pasti sekarang ini," kata Ronald Hopper, pejabat FBI.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)