SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

ISIS Klaim Bertanggung Jawab Atas Serangan Penembakan Klub Gay di Orlando

Senin, 13 Juni 2016 09:40 by Dits | 1787 hits
ISIS Klaim Bertanggung Jawab Atas Serangan Penembakan Klub Gay di Orlando
image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Serangan yang terjadi di sebuah bar komunitas gay club di Orlando, Amerika Serikat pada Minggu (12/6) kemarin memang mengejutkan. Sekitar 50 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat serangan yang dilakukan oleh pelaku bernama Omar Mir Seddique Mateen.

Setelah serangan itu terjadi, pihak Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) pun mengklaim bertanggung jawab atas penembakan massal di klub gay Kota Orlando, Florida, Amerika Serikat. Omar Mir Seddique Mateen disebut oleh kelompok militan orang yang direkrut mereka untuk meneror Negeri Paman Sam.

"Prajurit Negara Islam telah menjalankan tugasnya di Orlando," demikian ditulis oleh Amaq, situs berita propaganda para militan khilafah seperti dilansir Reuters, Senin (13/6).

Meski sejauh ini Mateen diduga terpengaruh paham radikal ISIS, namun tidak ada tanda-tanda dia beraksi atas dukungan atau arahan pihak lain. Pihak Investigasi Federal (FBI) meragukan pernyataan militant tersebut.

Di saat bersamaan, pejabat dari Homeland Security - lembaga antiteror AS - mengakui bahwa pria 29 tahun keturunan Afghanistan itu mengatasnamakan ISIS dalam aksinya.

Baca juga: Temuan Mengejutkan di Rumah Terduga Teroris Bogor, Ada Bom Siap Ledak

"Satu-satunya hubungan pelaku dengan ISIS adalah baiat yang dijalankan persis sebelum melakukan penembakan massal," kata pejabat yang menolak disebut namanya itu.

FBI menyatakan insiden di Orlando ini adalah penembakan massal terparah sepanjang sejarah Negeri Paman Sam. Sebagai perbandingan, penembakan San Bernadino California tahun lalu dilakukan pasangan yang juga terpengaruh paham ISIS, menewaskan 14 orang melukai belasan lainnya.

Seperti diketahui, Mateen menyerbu Kelab Pulse sendirian pada Jumat (12/6) dini hari waktu setempat, saat melakukan penyerangan ia membawa senapan mesin jenis AR15 dan pistol. Mateen sempat menyandera pengunjung sebelum akhirnya ditembak mati oleh tim SWAT.

FBI menyatakan keterkaitan ISIS akan terus didalami. Insiden ini oleh FBI sudah masuk kategori terorisme domestik. "Kami punya dugaan bahwa pelaku penembakan terpengaruh ideologi yang mengarah ke (ISIS) tapi kami belum bisa mengatakannya secara pasti sekarang ini," kata Ronald Hopper, pejabat FBI.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Ular yang tewas terpanggang di hutan kalimantan diduga adalah piton atau ular sanca kembang dengan panjang 3 meter. Ular yang hangus karena kebakaran hutan itu pun menjadi viral. Namun meski piton bukan termasuk ular mematikan karena racunnya, Indonesia memiliki ular paling mematikan di dunia....
  • HOT !
    Viralnya seorang pria yang melakukan operasi plastik demi mirip dengan artis idolanya Jimin BTS memang sempat menarik perhatian publik. Pria bernama Oli London tersebut kemudian mengungkapkan alasan mengapa ia ingin melakukan prosedur operasi yang sudah ia lakukan sebanyak 15 kali tersebut....
  • HOT !
    Kabar mengejutkan kembali datang dari Negeri Ginseng, Korea Selatan. Pasalnya, setelah 30 tahun lamanya, pelaku pembunuhan berantai yang terjadi di tahun 1986 dan 1991 akhirnya berhasil diidentifikasi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)