home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Warung Makan Seorang Ibu Dirazia Saat Ramadhan, Ini Efeknya Pada Citra Islam

Sabtu, 11 Juni 2016 22:00 by reinasoebisono | 3743 hits
Heboh Warung Makan Seorang Ibu Dirazia Saat Ramadhan, Ini Efeknya Pada Citra Islam
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Seorang ibu pemilik warung di Kota Serang, Banten menangis ketika dagangannya dirazia oleh polisi karena dianggap melanggar aturan larangan warung untuk membuka usahanya di siang hari Bulan Ramadhan. Screenshot kejadian itu mendapat berbagai respon dari masyarakat.

Tidak hanya penertiban, namun semua dagangan dari puluhan warung yang buka pada siang hari itu pun disita. Sementara itu, para pemilik warung membela diri dengan mengatakan tidak tahu ada larangan membuka warung pada siang hari.

Sayangnya, sikap kepolisian yang melarang warung buka siang hari saat Ramadhan ini berujung panjang. Netizen ramai-ramai mengkritik karena tidak sesuai dengan nilai toleransi yang sebenarnya ingin ditunjukkan oleh Islam itu sendiri.

Seorang intelektual muda, Nahdlatul Ulama (NU) Muhammad Syafi’ Ali atau yang akrab disapa Savic Ali ini pun ikut menanggapi razia tersebut dengan mengatakan jika sikap itu bisa merusak citra agama Islam. Sebab, dalam larangan tersebut mengesankan jika Islam melahirkan paksaan pada setiap orang, termasuk pada mereka yang tidak beragama Islam.

"Saya kira ini juga akan merusak iklim toleransi. Ada banyak orang di Indonesia butuh makan di siang hari karena misalnya mereka bukan beragama Islam atau tidak sedang berpuasa," ungkap Savic.


Ibu Saeni yang warungnya dirazia Satpol PP Pemkot Serang (Kompas)

"Ini masalah, menunjukkan seolah umat Islam itu keimanannya lemah sehingga jika ada warung buka seolah-olah membuat puasa menjadi batal. Apa mereka kira keimanan umat Islam itu hanya setebal kulit ari?" lanjutnya.

‘Penyerangan’ di dunia maya ini pun menyebabkan penggalangan dana oleh seorang netizen dengan akun Twitter @dwikaputra yang menyediakan dana Rp 427 ribu yang bisa ditambahkan dan di-update setelah 12 jam. Dana yang terkumpul akan diberikan kepada ibu yang dirazia bernama Saeni itu.

(rei/Kompas/TribunNews)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)