SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Warung Makan Seorang Ibu Dirazia Saat Ramadhan, Ini Efeknya Pada Citra Islam

Sabtu, 11 Juni 2016 22:00 by reinasoebisono | 3583 hits
Heboh Warung Makan Seorang Ibu Dirazia Saat Ramadhan, Ini Efeknya Pada Citra Islam
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Seorang ibu pemilik warung di Kota Serang, Banten menangis ketika dagangannya dirazia oleh polisi karena dianggap melanggar aturan larangan warung untuk membuka usahanya di siang hari Bulan Ramadhan. Screenshot kejadian itu mendapat berbagai respon dari masyarakat.

Tidak hanya penertiban, namun semua dagangan dari puluhan warung yang buka pada siang hari itu pun disita. Sementara itu, para pemilik warung membela diri dengan mengatakan tidak tahu ada larangan membuka warung pada siang hari.

Sayangnya, sikap kepolisian yang melarang warung buka siang hari saat Ramadhan ini berujung panjang. Netizen ramai-ramai mengkritik karena tidak sesuai dengan nilai toleransi yang sebenarnya ingin ditunjukkan oleh Islam itu sendiri.

Seorang intelektual muda, Nahdlatul Ulama (NU) Muhammad Syafi’ Ali atau yang akrab disapa Savic Ali ini pun ikut menanggapi razia tersebut dengan mengatakan jika sikap itu bisa merusak citra agama Islam. Sebab, dalam larangan tersebut mengesankan jika Islam melahirkan paksaan pada setiap orang, termasuk pada mereka yang tidak beragama Islam.

"Saya kira ini juga akan merusak iklim toleransi. Ada banyak orang di Indonesia butuh makan di siang hari karena misalnya mereka bukan beragama Islam atau tidak sedang berpuasa," ungkap Savic.


Ibu Saeni yang warungnya dirazia Satpol PP Pemkot Serang (Kompas)

"Ini masalah, menunjukkan seolah umat Islam itu keimanannya lemah sehingga jika ada warung buka seolah-olah membuat puasa menjadi batal. Apa mereka kira keimanan umat Islam itu hanya setebal kulit ari?" lanjutnya.

‘Penyerangan’ di dunia maya ini pun menyebabkan penggalangan dana oleh seorang netizen dengan akun Twitter @dwikaputra yang menyediakan dana Rp 427 ribu yang bisa ditambahkan dan di-update setelah 12 jam. Dana yang terkumpul akan diberikan kepada ibu yang dirazia bernama Saeni itu.

(rei/Kompas/TribunNews)

  • HOT !
    Berita viral pencurian koper di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta masih mencuat. Pasalnya, jika yang pernah terjadi adalah pencurian koper di bagasi oleh pegawai bandara nakal, kejadian kali ini dilakukan oleh seorang pelajar SMP!...
  • HOT !
    Semakin banyak kejadian tidak biasa yang dilakukan oleh anak di bawah umur belakangan ini. Kali ini ada anak 15 tahun yang baru lulus SMP berinisial RV menjadi pelaku pembunuhan usai nekat menghabisi nyawa bocah 6 tahun hanya karena dendam kepada ibu korban....
  • HOT !
     Aman Abdurrahman yang juga pemimpin JAD atau Jamaah Ansharut Daulah dituntut hukuman mati oleh jaksa pada hari Jumat (18/5). Jumat (25/5) hari ini, ia dijadwalkan membacakan pledoi soal tuntutan tersebut....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)