SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

PNS Dilarang Mengakses Internet dari Kantor, Ini Penjelasan PM Singapura

Sabtu, 11 Juni 2016 14:00 by Dits | 1581 hits
PNS Dilarang Mengakses Internet dari Kantor, Ini Penjelasan PM Singapura
image source: sindonews

DREAMERS.ID - Akses internet di seluruh instansi pemerintah dan sederajatnya alias PNS di Singapura akan diputus tahun depan. Langkah tersebut dilakukan dengan alasan untuk mengamankan diri dari serangan cyber.

Dengan memutus jaringan internet di instansi pemerintah, maka diharapkan bisa mencegah kebocoran data dari e-mail pekerjaan serta berbagai dokumen pemerintah lain. PM Singapura, Lee Hsien Loong pun buka suara perihal rencana tersebut yang sempat menjadi perdebatan.

"Demi keamanan dan sekuriti dari sistem kita, serta keamanan penduduk kita, dan soal informasi mereka, langkah ini sangat dibutuhkan," ujar Lee dikutip dari Reuters.

Ia pun mengakui langkah memutus koneksi PNS mungkin saja bisa menghambat produktivitas. Hal itu bisa juga menjadi halangan misi Singapura menjadi negara pintar yang akrab dengan teknologi tinggi.

Namun pemutusan akses internet perlu dilakukan mengingat beberapa tahun belakangan ini pemerintah Singapura menjadi target serangan cyber. Mulai dari kasus pencurian data nasabah bank hingga website Lee sendiri pernah menjadi target.

Baca juga: Jadi Buruan Tiap Pembukaan Lowongan, PNS Mana yang Memiliki Gaji Tertinggi di Indonesia?

Menurut laporan, rencana untuk memutuskan koneksi internet ini pun telah diinformasikan melalui memo yang dikirim ke seluruh instansi pemerintah sampai kementerian Singapura, keputusan tersebut akan dilakukan pada Mei 2017 mendatang.

“Pemerintah Singapura akan rutin mengaji ulang berbagai keputusan di bidang TI agar koneksi internet tetap aman,” ungkap juru bicara Infocomm Development Authority of Singapore, seperti dilansir dari The Straits Times.

Meski demikian, dilansir Channel News Asia (CNA), Otoritas Pelayanan InfoKom (IDA) mengatakan pegawainya tidak sepenuhnya dilarang berinternet. Mereka hanya perlu menggunakan komputer terpisah atau lewat ponsel mereka. Tentunya hal ini disokong provider masing-masing tiap individu.

Kebijakan ini diterapkan terhadap lebih dari 100 ribu komputer kantor di berbagai instansi pemerintahan Negeri Singa. Beberapa layanan umum seperti Gmail, Dropbox dan WeTransfer sudah diputus dari komputer pemerintah. 

(dits/Detik/Merdeka)

Komentar
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)