SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mendaki Secara Ilegal, Pria Swiss Dilaporkan Hilang di Gunung Semeru

Kamis, 09 Juni 2016 11:50 by Dits | 1203 hits
Mendaki Secara Ilegal, Pria Swiss Dilaporkan Hilang di Gunung Semeru
Image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Seorang pendaki berkewarganegaraan Swiss dinyatakan hilang dalam pendakian ke puncak Gunung Semeru. Pria atas nama Lionel Du Creaux (26) itu diketahui hilang setelah rekannya, Alice Guignard melaporkan kepada petugas.

Alice dan Lionel mendaki ke puncak Gunung Semeru secara ilegal. Alice yang berkewarganegaraan Prancis ini sebelumnya sempat tersesat selama dua hari. Dia ditemukan oleh seorang guide yang sedang mengantarkan tamunya.

Baca juga: Pria Ini Nekat Pakai High Heels Saat Mendaki Gunung Tertinggi di Inggris, Apa Alasannya?

"Keduanya masuk Desa Ranupani dan langsung menuju lokasi pendakian tanpa ada pemberitahuan atau melapor ke pos dan tanpa register/ tiket alias ilegal," kata John Kenedie, Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melalui pesannya, Kamis (8/6) pagi.

Berdasarkan keterangan, Leonil dan Alice berangkat dari Malang pada Jumat (3/6). Keduanya masuk ke Ranupani pukul 07.00 WIB dan langsung menuju lokasi pendakian. Sekitar pukul 10.22 WIB, keduanya sampai di Ranu Kumbolo dan melanjutkan ke Kalimati. Keduanya sampai di Kalimati sekitar pukul 11.55 WIB. Selanjutnya keduanya melanjutkan hingga sampai di daerah Watu Gede pukul 14.01 WIB.

Pukul 17.47 WIB, Alice memutuskan tidak melanjutkan pendakian karena faktor kelelahan. Sementara Leonil memilih melanjutkan perjalanan menuju Mahameru (puncak Gunung Semeru).

Alice memutuskan kembali ke Kalimati. Namun Alice kehilangan arah dan akhirnya tersesat. Dia tidak melalui jalur sebelumnya, sehingga berjalan menuju Punggungan, bukit arah ke kiri atau arah Arcopodo.

Alice harus bertahan hidup selama dua hari. Pada 6 Juni sekitar pukul 22.00 WIB, Alice diketemukan oleh Heri Sumantri dari Tim Haspala Malang yang sedang mengantarkan tamu. Heri mendengar teriakan-teriakan minta tolong.

Perempuan itu dibawa turun dan pada 7 Juni 2016 sore melaporkan secara resmi pada petugas resort Ranu Pani. Dia melaporkan telah mendaki bersama Lionel, yang sampai saat ini belum diketahui keberadaanya.

Pada 8 Juni 2016, tim beranggotakan 20 orang yang terdiri para porter, saver, Gimbal Alas dan potensi SAR lainnya melakukan pencarian di titik-titik yang diidentifikasi hilangnya pendaki asal Swiss itu. Hingga kini proses pencarian sedang berjalan.

Komentar
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)