SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Aneh, Warga Daerah Mayoritas Muslim Ini Harus Serahkan Sampel DNA Untuk Buat Paspor

Rabu, 08 Juni 2016 19:20 by reinasoebisono | 1482 hits
Aneh, Warga Daerah Mayoritas Muslim Ini Harus Serahkan Sampel DNA Untuk Buat Paspor
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Jika biasanya untuk pembuatan dokumen perjalanan seperti paspor hanya dibutuhkan surat penting dan kartu identitas, ada syarat tak biasa yang diterapkan kepolisian Cina, tepatnya daerah Xinjiang. Wilayah Xinjiang terletak di sebelah barat Cina yang mayoritas penduduknya adalah warga Muslim.

Untuk pembuatan paspor, warga Xinjiang harus menyerahkan sampel DNA, sidik jari hinggal sampel suara. Peraturan super ketat ini diberlakukan hanya beberapa hari sebelum memasuki Ramadhan tahun ini pada minggu lalu.

Melansir CNN, media Daily Ili, daerah paling utara Xinjiang, pihak berwenang memang tidak memberikan alasan detail atas peraturan yang cukup memberatkan tersebut. Namun Beijing memperkirakan hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kelompok separatis yang sering memicu bentrokan.

Baca juga: Tiongkok Luncurkan Alat Anti Pelecehan Seksual Baru yang Imut nan Berbahaya

Xinjiang memang memiliki penduduk mayoritas Muslim. Daerah Illi yang berbatasan langsung dengan Kazakhstan pun diperkirakan menjadi gerbang masuknya kelompok radikal yang kerap membuat kekacauan di Cina.

Setiap tahunnya, Cina memang kerap memberikan peraturan ketat di daerah Xinjiang yang memiliki 10 juta warga Muslim Uighur itu. Pemerintah meluncurkan larangan PNS, sipil, guru dan siswa Muslim di Xinjiang untuk berpuasa.

(rei) 

Komentar
  • HOT !
    Penundaan pertemuan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebabkan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan kelembagaan masyarakat merasa kecewa. Mereka pun meluapkan emosinya di Balai Kota, sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (12/12)....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)