SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal Bripka Seladi, Polisi Anti-Suap yang Pilih Memulung Sampah

Sabtu, 21 Mei 2016 11:00 by zia92 | 3104 hits
Mengenal Bripka Seladi, Polisi Anti-Suap yang Pilih Memulung Sampah
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pekerjaan menjadi seorang petugas kepolisian memang sesuatu yang bisa dibanggakan. Namun apa yang dilakukan seorang anggota polisi di Polres Malang Kota ini sepertinya bisa dijadikan contoh baik bagi siapa saja.

Demi mendapatkan penghasilan lebih, Bripka Seladi (58) memiliki pekerjaan sampingan sebagai pemulung dan pemilah sampah di sekitar tempat tinggalnya. Diketahui bahwa pria yang bertugas di Satuan Lalu Lintas Polresta Malang ini sudah menggeluti pekerjaan ‘keduanya’ itu sejak tahun 2006.


Image source: Merdeka

Empat tahun pertama, Seladi berkeliling sendiri menggunakan sepeda onthel untuk memulung sampah yang akan dipilahnya. Namun kini dirinya sudah tak melakukannya sendiri dan hanya mengumpulkan hasil para pemulung lain.

Bripka Seladi memiliki sebuah gudang sampah di Jalan Dr Wahidin, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Uniknya, gudang tersebut tidak terlalu jauh, masih berada di jalan yang sama dengan kantor tempat ia berdinas. "Itu sekitar empat tahun saya lakoni. Kemudian, teman saya meminjamkan rumah ini. Ini rumah kosong, saya jadikan gudang. Di sini pula pemilahan dan sortir sampah dilakukan," tutur Seladi.

Meski sudah memiliki pangkat, namun Bripka Seladi tak merasa canggung jika harus memungut barang bekas. "Ini rezeki, kenapa harus dibuang-buang. Sampingan saja, satu jam atau dua jam waktu luang saya manfaatkan untuk kegiatan ini," katanya.


Image source: Merdeka

Dikesehariannya sebagai petugas kepolisian, Bripka Seladi selalu mengikuti apel, kemudian bertugas mengatur lalu lintas. Setelah mengatur lalu lintas, ia berdinas di Kantor Satpas, mengurusi ujian pencari SIM dan mengurusi administrasi sampai lepas jam dinas. Setelah itu baru bergelut dengan bisnis sampahnya.


Image source: Merdeka

Meskipun berdinas di bidang yang selama ini dikenal sebagai lahan “basah” di institusi kepolisian, namun Bripka Seladi dengan tegas menyebut dirinya tak tergiur dengan suap atau sogokan.

Seladi mengaku tidak mau menerima pemberian orang dengan tujuan tertentu dalam pengurusan SIM. Kalaupun ada yang memberi di rumah, kata Seladi, ia meminta sang anak mengembalikan pemberian itu.

(fzh/Merdeka/Kompas)

Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)