SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Cara Unik dan Canggih Korea Selatan untuk Kurangi Sampah Makanan

Jumat, 13 Mei 2016 16:10 by zia92 | 2754 hits
Ini Cara Unik dan Canggih Korea Selatan untuk Kurangi Sampah Makanan
Image source: psfk.com

DREAMERS.ID - Sampah makanan sisa sudah menjadi masalah di berbagai negara, termasuk di Korea Selatan. Sejak menyadari bahwa makanan yang terbuang bisa membantu meningkatkan populasi serangga setelah merembes ke dalam tanah, pemerintah setempat sudah mulai menerapkan sistem yang bisa menangani masalah ini.

Pemerintah Korea Selatan menerapkan metode teknologi tinggi yang bisa melacak siapa dan membuang apa, serta jika ketahuan membuang sembarangan akan didenda, seperti dilaporkan PSFK, melansir Digital Spy.


Image source: sustainablebrands.com

Di Seoul, warga kini harus menggesek kartu yang dilengkapi dengan chip identifikasi frekuensi radio (RFID) sebelum bisa mengakses pembuangan sampah di komplek perumahan. Chip tersebut berisi nama pengguna dan alamat yang memungkinkan pihak berwenang memantau warganya membuang sampah jenis apa.

Sebelumnya, setiap orang membayar tarif flat yang sama untuk layanan pembuangan limbah, namun dengan teknologi ini, mereka bisa membayar sesuai dengan berat sampah masing-masing.

Baca juga: Wah, Ternyata Tumpukan Sampah Juga Bisa Jadi Karya Seni Seperti Ini!

Selain itu, kota ini juga telah menerapkan 'membayar dengan kantong', yang mengharuskan warganya membeli kantong sampah dengan harga cukup mahal, misalnya kantong ukuran 10 liter dijual 1 dolar (sekitar 12.000 rupiah). Hal ini dilakukan untuk mendorong warga lebih memilah dan mengurangi jumlah limbah.

Dengan metode-metode ini, Seoul berhasil mengurangi limbah makanan sisa sebesar 40% dari restoran dan 30% dari rumah tangga sejak 2013.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)