SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Reaksi Kasus Yuyun, Pemerintah Sepakat Beri Hukuman Maksimal Ini Untuk Pelaku Pemerkosaan

Rabu, 11 Mei 2016 10:00 by reinasoebisono | 1295 hits
Reaksi Kasus Yuyun, Pemerintah Sepakat Beri Hukuman Maksimal Ini Untuk Pelaku Pemerkosaan
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Kasus terbaru yang menggemparkan publik terjadi pada Yuyun (14) di Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkul yang diperkosa dan dibunuh oleh 14 orang yang sebagian besar masih di bawah umur. Gadis malang itu ditemukan telungkup tanpa busana dengan tangan terikat.

Bereaksi atas kasus ini, pemerintah sepakat memberi pemberatan maksimal bagi para pelaku pemerkosaan atau pencabulan. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menjelaskan hal tersebut saat rapat koordinasi antarmenteri, Selasa (10/05) kemarin.

Yasonna mengatakan jika hukuman untuk pelaku pemerkosaan akan ditingkatkan menjadi 15-20 tahun penjara. Bahkan ada hukuman maksimal hukuman seumur hidup penjara hingga hukuman mati.

“Bahkan hukuman mati bila korban sampai meninggal dunia,” kata Yasonna melansir Tempo.

Selain hukuman maksimal, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani juga menjelaskan tentang sanksi lain guna memberi efek jera dan menghalau tindakan serupa terjadi di kemudian hari. Seperti identitas pelaku kejahatan seksual akan dipublikasikan secara luas.

Baca juga: Buron 1,5 bulan, Akhirnya Satu Pelaku Kasus Yuyun Menyerahkan Diri

“Sehingga publik tahu orang tersebut melakukan hal di luar kemanusiaan,” kata Puan.

 Namun, pemberatan hukuman tersebut hanya berlaku bagi pelaku yang telah dewasa. Sedangkan pelaku yang masih di bawah umur tetap dilindungi oleh asas les spesialis yang berhubungan dengan Undang-Undang tentang Pelindungan Anak.

Terkait kasus Yuyun, polisi telah menangkap 12 pelaku sedangkan 2 lain masih buron. Sedangkan 7 orang resmi divonis 10 tahun penjara karena masih di bawah umur.

(rei) 

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)