SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hukuman Dikebiri Jadi Sanksi Tegas dari Jokowi Untuk Pelaku Kejahatan Seksual Anak

Selasa, 10 Mei 2016 13:40 by Dits | 1684 hits
Hukuman Dikebiri Jadi Sanksi Tegas dari Jokowi Untuk Pelaku Kejahatan Seksual Anak
Image source: Reuters

DREAMERS.ID - Kasus kejahatan seksual terhadap anak tengah menjadi sorotan masyarakat dan pemerintah. Belum lama ini bahkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan kalau hukuman kebiri menjadi sanksi tegas bagi para pelaku kejahatan tersebut. Kini jajarannya pun telah diinstruksikan untuk segera bertindak.

Hal itu disampaikan Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat pada Senin (9/5) kemarin. Adapun para menteri diminta segera menangani sanksi ini, di antaranya Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise, dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly.

Baca juga: 7 'Kerajaan Bisnis' Milik Gibran dan Kaesang yang Jauh dari Pengaruh Jokowi

"Karena kalau ini dibiarkan ataupun tidak dengan hukum yang tegas maka orang akan atau kelompok masyarakat akan mempunyai keberanian untuk melakukan tindakan itu. Maka hukumnya harus tegas dan hukuman kebiri adalah salah satunya," ujar Pramono.

Lebih lanjut, Jokowi menganggap bahwa kejahatan seksual sudah sangat mengkhawatirkan dan memprihatinkan. Maka itu, wajar bila pelaku diberikan hukuman berat hingga sanksi sosial karena itulah pihaknya meyakini bahwa hukuman kebiri akan memberi efek jera pada pelaku.

"Hukuman seberat-beratnya dan sanksi sosial perlu diberikan kepada siapapun yang melakukan itu," jelasnya.

Pramono berharap Perppu soal hukuman kebiri yang pernah digodok sejumlah menteri dapat dibawa ke DPR untuk dibahas lebih lanjut. Bahkan, dia berharap Perppu hukuman kebiri menjadi prioritas dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas). 

"Tentunya pemerintah mengharapkan ini menjadi prioritas baik oleh pemerintah maupun DPR. Karena untuk menjadi prioritas prolegnas kan harus datang dalam dua pihak," tutup Pramono.

Semoga bisa membuat jera para pelaku kejahatan seksual ya Dreamers..

Source:
Komentar
  • HOT !
    Negara Arab Saudi di bawah pemerintahan Raja Salman, memberikan banyak perubahan baru untuk dunia Muslim modern, terutama untuk rakyatnya. Kini, ada gebrakan baru dari pemerintahannya yang belakangan lebih banyak di bawah kendali sang Putra Mahkota, Pangeran Mohammed bin Salman....
  • HOT !
    Berbagai peristiwa datang silih berganti. Banyak kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan yang mengisi hari hari di minggu kedua bulan Desember tahun 2017 ini. Mulai dari ranah berita lokal internasional hingga seleb Korea....
  • HOT !
    Banyak yang mempertanyakan keputusan Presiden Jokowi dengan mengganti Panglima TNI yang dijabat oleh Gatot Nurmantyo, kini berganti menjadi Jenderal Hadi Tjahjanto. Karena pergantian dilakukan sebelum masa pensiun Gatot tiba....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)