SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Biaya Nyaris 100 Juta per Tahun, Universitas Ini Jadi Kampus Termahal di Korsel

Jumat, 06 Mei 2016 14:10 by zia92 | 4561 hits
Biaya Nyaris 100 Juta per Tahun, Universitas Ini Jadi Kampus Termahal di Korsel
Image source: exploringko

DREAMERS.ID - Menempuh pendidikan di bangku perkuliahan memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika memilih universitas bergengsi dengan banyak fasilitas dan tenaga pengajar yang handal di bidangnya.

Di Korea Selatan, biaya kuliah tahunan rata-rata di universitas adalah 6,68 juta won atau sekitar 76,2 juta rupiah. Dan meskipun sebagian besar universitas telah memotong atau membekukan biaya kuliah di tahun ini atas desakan pemerintah, namun rata-rata masih mengalami kenaikan 0,2% dari tahun lalu.

Dari sekian banyak universitas di Korea Selatan, ternyata Yonsei University memiliki biaya yang paling mahal yaitu 8,74 juta won atau sekitar 99,8 juta rupiah, nyaris 100 juta rupiah. Yonsei University memang diketahui sebagai salah satu universitas bergengsi yang masuk dalam top 3 bersama dengan Seoul National University dan Korea University.

Setelah Yonsei University, kampus selanjutnya yang memiliki biaya kuliah per tahun yang fantastis adalah Eulji University dengan 8,5 juta won (sekitar 97,1 juta rupiah), Ewha Womans University, Chugye University for the Arts, dan Korea Aerospace University dengan 8,47 juta won (sekitar 96,7 juta rupiah).

Baca juga: Keren, Lee Hi Tunjukkan Profesionalitas Saat Kesalahan Teknis Terjadi Di Panggung

Sementara itu, Seoul National University juga tercatat sebagai perguruan tinggi negeri yang memiliki biaya termahal dengan 5,96 juta won atau sekitar 68 juta rupiah per tahun.

Dilaporkan laman Chosun Ilbo, biaya kuliah rata-rata per-kapita di universitas negeri Korea Selatan adalah 4,12 juta won (sekitar 47 juta rupiah) sedangkan universitas swasta rata-ratanya 7,36 juta won (sekitar 84 juta rupiah).

Baca juga: Butuh Biaya 1 Miliar untuk Mahasiswa di Korea Selatan Sampai Bisa Lulus Kuliah

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Fraksi PKS mengusulkan agar Fahri Hamzah dicopot dari jabatan Wakil Ketua DPR. Pencopotan tersebut diajukan dalam surat yang dibacakan saat paripurna penutupan masa sidang DPR, Senin (11/12). Disebutkan juga kalau F PKS meminta Fahri diganti dengan Ledia Hanifa Amaliah. Lantas bagaimana tanggapan Fahri?...
  • HOT !
    Masyarakat menyoroti keputusan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk tidak lagi membuka akses warga melihat proses rapat Pemprov DKI. Karena Anies Sandi tidak mengunggah video semacam itu di channel Youtube lagi....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)