SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanpa Tebusan, 10 WNI yang Disandera Abu Sayyaf Akhirnya Dibebaskan

Senin, 02 Mei 2016 10:00 by zia92 | 1518 hits
Tanpa Tebusan, 10 WNI yang Disandera Abu Sayyaf Akhirnya Dibebaskan
Image source: detik.com

DREAMERS.ID - 10 Warga Negara Indonesia (WNI) yang sempat disandera kelompok militan Abu Sayyaf di Filipina akhirnya dibebaskan pada Minggu (1/5) siang. Seorang yang tidak diketahui secara misterius meninggalkan mereka di depan rumah Gubernur Sulu, Abdusakur Tan.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti membenarkan perihal bebasnya 10 WNI yang sempat disekap selama hampir satu bulan tersebut. "Ya sudah dibebaskan," ujarnya pada Minggu kemarin.


10 WNI yang dibebaskan Abu Sayyaf (mindanaoexaminer.com)

Menurut Badrodin, seluruh WNI dalam kondisi sehat. Namun Badrodin tidak menjelaskan secara detail proses pembebasan ini. "Masih ada tahapan, tunggu saja," tuturnya.

Saat ditanya apakah ada pembayaran uang tebusan, Badrodin mengaku tidak memiliki kewenangan. Dia pun menolak memberikan informasi tersebut. Hanya saja Badrodin memberi sinyal pemerintah tak memberikan uang sepeser pun. "Kita enggak tahu, bukan dari kita (tebusan). Pokoknya sudah lepas," tandasnya.

Baca juga: Lokasi 4 Sandera WNI Telah Diketahui, Abu Sayyaf Bebaskan Sandera China Setelah Diculik 2 Tahun

Padahal sebelumnya, penyandera itu meminta tebusan sebesar 50 juta peso atau setara 1 juta dolar AS. Dan meski sempat muncul spekulasi terkait uang tebusan ini, namun salah satu negosiator dari RI yaitu Mayjen Purn Kivlan Zen menegaskan pembebaskan 10 WNI adalah murni negosiasi. "Tidak ada pembayaran tebusan. Ini murni negosiasi," ujarnya.

Seperti diketahui, 10 sandera merupakan kru kapal tunda Brahma 12 dan Anand 12. Kapal dibajak ketika tengah melakukan perjalanan dari Sungai Puting, Kalimantan Selatan menuju ke Batangas, Filipina selatan.

(fzh/Merdeka/Detik)

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)