SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Minat Baca Peringkat Kedua Dari Bawah, Indonesia Akan Sulit Taklukkan Dunia?

Sabtu, 30 April 2016 12:00 by reinasoebisono | 2300 hits
Minat Baca Peringkat Kedua Dari Bawah, Indonesia Akan Sulit Taklukkan Dunia?
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Dengan adanya kecanggihan teknologi masa kini, hal-hal konvensional kadang terlupakan terutama oleh generasi muda. Tapi fakta membuktikan jika benda yang kini mulai ditinggalkan yaitu buku, menjadi hal yang tak terpisahkan dengan negara maju.

Pada Maret 2016 lalu, Most Literate Nations in the World mengungkapkan daftar peringkat literasi atau kemampuan membaca. Hasilnya, Indonesia berada di urutan ke-60 dari 61 negara! Fakta miris ini sejalan dengan peringkat pendidikan Indonesia dari tahun ke tahun.

Salah satunya adalah survei yang dilakukan organisasi di bawah naungan PBB, World Education Forum yang menempatkan Indonesia di posisi 69 dari 76 negara. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Komite III DPD Fahira Idris.

“Buku menjadikan mereka menguasai ilmu pengetahuan. Bukankah Jepang menjadi penguasa teknologi dunia karena sejak dulu pemerintahnya punya program menerjemahkan berbagai buku dari dunia barat kemudia dijual dengan harga yang cukup murah,” kata Fahira.

Contohnya, negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Perancis dan Jerman yang diklaim memimpin dunia justru mendominasi penerbitan buku dunia. Hal ini disusuk oleh Rusia, Spanyol, Cina dan India. Di sana, harga buku dari penerbit internasional alias impor justru dijual dengan harga murah.

Hal ini menunjukkan, jika minat baca suatu negara masih rendah, minat belajar pun rendah yang menjadikan suatu negara sulit tampil di dunia. Karena percaya atau tidak, minat baca bisa meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa dan memberantas buta aksara.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)