home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bertepatan dengan CFD, Buruh Dilarang Demo di Bundaran HI Saat May Day

Jumat, 29 April 2016 10:00 by fzhchyn | 1421 hits
Bertepatan dengan CFD, Buruh Dilarang Demo di Bundaran HI Saat May Day
Image source: Antara

DREAMERS.ID - Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh setiap tanggal 1 Mei, selalu diwarnai dengan aksi buruh yang melakukan demo di beberapa daerah, tak terkecuali di ibu kota Jakarta. Namun Hari Buruh kali ini jatuh pada hari Minggu yang juga bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan atau Car Free Day (CFD).

Karena hal itu, pemerintah pun melarang buruh atau demonstran melakukan aksinya di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Sesuai kebijakan pemerintah provinsi DKI Jakarta, Bundaran HI saat ini menjadi salah satu lokasi tertib demo.

Seperti dilaporkan CNN, Kepala Biro Operasional Masyarakat Polda Metro Jaya Brigadir Jenderal Martuani Sormin mengatakan, pelarangan ini bersamaan dengan CFD. Sepanjang jalur Sudirman-Thamrin akan ditutup bagi kendaraan bermotor sampai aksi demo ini selesai. "Kami tidak memberi toleransi pada buruh yang berkumpul di Bundaran HI. Kalau mereka memaksakan (di Bundaran HI) pasti akan ribut," ujar Martuani, Kamis (28/4).

Baca juga: Rusaknya Fasilitas Publik Imbas Dari Aksi Hari Buruh 1 Mei 2019

Untuk mengamankan aksi demo ini, polisi menerjunkan 16.443 personel gabungan di sejumlah titik, di antaranya istana negara, gedung DPR, balai kota DKI, dan sejumlah lokasi lainnya.

Dikatakan Martuani, untuk aksi demo di depan istana negara, para buruh mesti berjarak minimal 100 meter dari pagar luar istana dan tidak diizinkan melewati Jalan Medan Merdeka Utara. Para buruh ini akan menyebar di titik-titik tersebut dan merayakan puncak peringatan hari buruh di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)