SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Kasus Sampai Berbulan-bulan, Presiden Jokowi Akui Sulitnya Bebaskan Sandera WNI

Rabu, 27 April 2016 10:45 by zia92 | 1117 hits
Ada Kasus Sampai Berbulan-bulan, Presiden Jokowi Akui Sulitnya Bebaskan Sandera WNI
Image source: tempo.co

DREAMERS.ID - Nasib sepuluh Warga Negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok Abu Sayyaf di wilayah Filipina masih belum jelas. Meski mereka meminta tebusan uang yang dalam jumlah yang sangat besar, namun pemerintah masih melakukan proses negosiasi.

Presiden Joko Widodo sendiri mengakui bahwa tidak mudah membebaskan WNI yang disandera. "Jangan suka memudahkan persoalan. Ini persoalan yang tidak mudah," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/4), mengutip laporan Kompas.

Kesulitan terletak pada beberapa hal. Pertama, konstitusi Filipina yang tak memperbolahkan militer negara asing untuk masuk tanpa melalui persetujuan parlemen. Otomatis, pembebasan sepuluh WNI diserahkan ke militer Filipina.

Kedua, wilayah operasi para penyandera yang cukup sulit dijangkau. Jokowi mencontohkan, saat militer Filipina mengepung kelompok itu, mereka dengan cepat langsung memindahkan sandera.

Baca juga: Lokasi 4 Sandera WNI Telah Diketahui, Abu Sayyaf Bebaskan Sandera China Setelah Diculik 2 Tahun

Jadi tak heran jika penyanderaan bisa berlangsung lama, bahkan hingga berbulan-bulan. "Harus ngerti ya, yang lain saja sudah enam bulan belum beres, ada yang delapan bulan belum beres. Malah kemarin ada yang sudah dieksekusi. Tidak segampang itu," ujar Jokowi.

Meski demikian, pemerintah Indonesia tidak kendor memonitor perkembangan sepuluh WNI itu. Siang dan malam, kata Jokowi, dia memantau terus kondisinya. Indonesia pun terus berkomunikasi dengan pemerintah Filipina terkait kondisi sepuluh WNI.

(fzh)

  • HOT !
    Sempat ‘mesra’ antara Presiden Jokowi dan Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang membuat spekulasi koalisi di Pilpres 2019 mendatang, hubungan itu kini kabarnya terusik dengan merenggangnya hubungan antar kedua partai....
  • HOT !
    Gunung Merapi mengalami tiga kali letusan freatik pada Senin (21/5) di mana statusnya yang di awal normal naik menjadi waspada pada pukul 23.00. Hal ini dilakukan karena adanya peningkatan aktivitas freatik yang diikuti dengan gempa VT dan gempa tremor....
  • HOT !
    Setelah diberitakan dalam kondisi kritis pada pekan lalu karena berjuang melawan penyakit yang dideritanya, pimpinan alias bos perusahaan raksasa Korea Selatan, LG Group yang bernama Koo Bon Moo meninggal dunia....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)