home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Kasus Sampai Berbulan-bulan, Presiden Jokowi Akui Sulitnya Bebaskan Sandera WNI

Rabu, 27 April 2016 10:45 by fzhchyn | 1244 hits
Ada Kasus Sampai Berbulan-bulan, Presiden Jokowi Akui Sulitnya Bebaskan Sandera WNI
Image source: tempo.co

DREAMERS.ID - Nasib sepuluh Warga Negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok Abu Sayyaf di wilayah Filipina masih belum jelas. Meski mereka meminta tebusan uang yang dalam jumlah yang sangat besar, namun pemerintah masih melakukan proses negosiasi.

Presiden Joko Widodo sendiri mengakui bahwa tidak mudah membebaskan WNI yang disandera. "Jangan suka memudahkan persoalan. Ini persoalan yang tidak mudah," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/4), mengutip laporan Kompas.

Kesulitan terletak pada beberapa hal. Pertama, konstitusi Filipina yang tak memperbolahkan militer negara asing untuk masuk tanpa melalui persetujuan parlemen. Otomatis, pembebasan sepuluh WNI diserahkan ke militer Filipina.

Kedua, wilayah operasi para penyandera yang cukup sulit dijangkau. Jokowi mencontohkan, saat militer Filipina mengepung kelompok itu, mereka dengan cepat langsung memindahkan sandera.

Baca juga: Lokasi 4 Sandera WNI Telah Diketahui, Abu Sayyaf Bebaskan Sandera China Setelah Diculik 2 Tahun

Jadi tak heran jika penyanderaan bisa berlangsung lama, bahkan hingga berbulan-bulan. "Harus ngerti ya, yang lain saja sudah enam bulan belum beres, ada yang delapan bulan belum beres. Malah kemarin ada yang sudah dieksekusi. Tidak segampang itu," ujar Jokowi.

Meski demikian, pemerintah Indonesia tidak kendor memonitor perkembangan sepuluh WNI itu. Siang dan malam, kata Jokowi, dia memantau terus kondisinya. Indonesia pun terus berkomunikasi dengan pemerintah Filipina terkait kondisi sepuluh WNI.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)