SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tahanan Rusuh Hingga Buat Kebakaran di Lapas Bandung, Kerugian Mencapai Rp 6 Miliar

Senin, 25 April 2016 10:00 by zia92 | 933 hits
Tahanan Rusuh Hingga Buat Kebakaran di Lapas Bandung, Kerugian Mencapai Rp 6 Miliar
Image source: galamediane

DREAMERS.ID - Sabtu (23/4) pagi lalu, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Banceuy, Kota Bandung, Jawa Barat, terbakar akibat kerusuhan oleh para warga binaannya. Kebakaran yang terjadi di enam titik lokasi tersebut menghanguskan beberapa bangunan lapas, salah satunya bagian administrasi.

Akibat dari pertikaian itu, sebagian tahanan dipindahkan ke gedung baru yang jaraknya tidak jauh dari gedung sebelumnya. "Napi-napi akan dipindahkan ke tempat baru, masih di Banceuy juga, dengan kapasitas 420. Sedangkan sebagian sisanya kita pindah di lapas Jawa Barat yang bisa tampung," tutur Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Minggu (24/4).

Kerugian yang diakibatkan kebakaran itu pun mencapai 6 miliar rupiah. "Kerugiannya sekitar lebih dari 6 miliar rupiah akibat kerusuhan," kata Yasonna.

Yasonna juga menyebutkan ada beberapa pihak internal lapas dan warga binaan yang tidak nyaman dengan Operasi Berantas Sindikat Narkoba (Bersinar) yang kemudian memicu kerusuhan dan kebakaran di Lapas Banceuy.

"Kemenkumham dengan Operasi Bersinar membuat ketidaknyamanan di beberapa lapas karena terus operasi, bahkan ada juga yang terganggu kepentinganya, baik internal maupun penghuninya. Tapi kami tidak mundur," kata dia.

Khusus Lapas Banceuy, Yasonna mengatakan saat ini sudah dilakukan pembersihan. Personel polisi juga sedang melakukan penjagaan dan memberlakukan tanggap darurat selama satu minggu sembari pembersihan.

(fzh/Antara/Merdeka)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....
  • HOT !
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya, Sandiaga Uno membentuk Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Rencananya akan ada 75 orang TGUPP yang akan direkrut....
  • HOT !
    Entah apa yang ada di balik keputusan Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan memindahkan Kedutaan Besar dari Ibu Kota sebelumnya di Tel Aviv ke kota 3 agama itu. Sejumlah pendapat menilai jika ia tengah melaksanakan janji kampanye, membuat pendukungnya yang pro Israel puas....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)