SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Negara Ini Siapkan UU Perbolehkan Warga Hina Presiden Negara Lain

Minggu, 24 April 2016 10:20 by reinasoebisono | 1103 hits
Negara Ini Siapkan UU Perbolehkan Warga Hina Presiden Negara Lain
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Biasanya sebuah negara yang amat mencintai pemimpinnya akan membuat undang-undang yang memberikan sanksi kepada warganya yang menghina pemimpin negaranya. Seperti Thailand yang beberapa kali menahan warganya yang menghina sang Raja Bhumibol Adulyadej.

Namun salah satu negara Eropa ini justru akan menghapuskan undang-undang (UU) yang melarang menghina pemimpin negara. Belanda, dilaporkan CNN akan memperbolehkan warganya menghina pemimpin negara, dengan catatan, pemimpin negara lain.

Melansir The Independent, saat ini Belanda memiliki UU yang menghukum penjara warganya maksimal 2 tahun jika menghina kepala negara sahabat. Hukuman ini juga bisa diganti dengan denda sejumlah uang. Lalu mengapa Belanda akan menghapus UU ini?

Hal ini sebagai reaksi dari upaya Turki yang menghukum seorang komedian Jerman Jan Bohermann karena menghina Presidennya, Recep Tayyip Erdogan di sebuah acara TV dengan puisi satirenya yang dinilai sangat menyindir.

Baca juga: Deretan Kebohongan Ilmuwan Indonesia 'The Next Habibie' dan Permintaan Maafnya

Sepertinya Belanda tidak ingin warganya diperlakukan seperti komedian Jerman tersebut, hingga membuat UU memperbolehkan warganya menghina kepala negara lain. Kementerian Kehakiman Belanda pun mengatakan akan mempertimbangkan hal tersebut sebagai salah satu prioritas pemerintah.

Sementara itu, orang terakhir di Belanda yang dihukum karena menghina kepala negara sahabatnya adalah seorang mahasiswa fakultas jurnalistik bernama Geert Mak tahun 1968 yang didenda sekitar Rp 1.4 Juta pada masa itu.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)