SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jokowi Disambut Selfie Demonstran Den Haag, Ini Beda Demo Indonesia dan Belanda

Sabtu, 23 April 2016 14:37 by reinasoebisono | 2409 hits
Jokowi Disambut Selfie Demonstran Den Haag, Ini Beda Demo Indonesia dan Belanda
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Eropa ternyata tidak semuanya berjalan mulus. Presiden yang kerap disapa Jokowi itu ternyata disambut demonstran saat berkunjung ke Belanda, lebih tepatnya di kota Den Haag.

Sekitar 200 orang melakukan aksi demo di halaman Hotel Kurhaus di pantai Scheveningen sebagai bentuk demonstrasi ke Presiden Jokowi. Bedanya, laman Tempo menuliskan aksi demo ini adalah sebagai sambutan untuk Presiden.

Berbeda dengan Indonesia yang walaupun memiliki nama ‘aksi damai’, terkadang tetap saja berakhir ricuh dengan bentrok melawan kepolisian atau merusak fasilitas umum dan menghalangi jalan hingga menimbulkan kemacetan.


Image source: Tempo

Tapi pemandangan itu tidak tampak di aksi demo untuk Jokowi di Belanda. Mereka yang terdiri dari kelompok Maluku Selatan dan Papua Barat, International People Tribunal (IPT) 1965 dan masyarakat Indonesia yang berada di Belanda hanya dijaga puluhan polisi.

Para demonstran sabar menanti Presiden Jokowi keluar dari pintu lobi Hotel Kurhaus. Para pendemo pun saling berbincang dan justru berfoto selfie. Lucunya, aksi demo ini pun menarik perhatian warga Belanda yang jalan lalu lalang.


Image source: Tempo

Baca juga: Kesan Warga Pacitan Soal Beda 'Rasa' Pengamanan Jokowi dan SBY

Para demonstrasi tersebut meminta (tidak dengan kata menuntut) Presiden Jokowi  untuk menarik kembali keputusan Presiden bahwa PKI tidak benar. Para eksil (WNI yang diasingkan karena diduga terkait PKI tahun 1965) meminta diberi kembali hak sebagai warga negara Indonesia.

Ada 2 demonstran yang berkesempatan bertemu Presiden Jokowi di dalam hotel dari IPT 65, Fransiska dan Sungkono. Sambil menangis, Fransisca menyerahkan sepucuk surat berisi tiga desakan untuk Presiden Jokowi.

Sambil mengulangi kata-kata Jokowi, Fransisca mengatakan “Ya, saya sudah tahu,” Fransiska menyayangkan mayoritas eksil adalah mahasiswa terpelajar yang tidak boleh pulang ke Indonesia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)