home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jokowi Disambut Selfie Demonstran Den Haag, Ini Beda Demo Indonesia dan Belanda

Sabtu, 23 April 2016 14:37 by reinasoebisono | 2672 hits
Jokowi Disambut Selfie Demonstran Den Haag, Ini Beda Demo Indonesia dan Belanda
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Eropa ternyata tidak semuanya berjalan mulus. Presiden yang kerap disapa Jokowi itu ternyata disambut demonstran saat berkunjung ke Belanda, lebih tepatnya di kota Den Haag.

Sekitar 200 orang melakukan aksi demo di halaman Hotel Kurhaus di pantai Scheveningen sebagai bentuk demonstrasi ke Presiden Jokowi. Bedanya, laman Tempo menuliskan aksi demo ini adalah sebagai sambutan untuk Presiden.

Berbeda dengan Indonesia yang walaupun memiliki nama ‘aksi damai’, terkadang tetap saja berakhir ricuh dengan bentrok melawan kepolisian atau merusak fasilitas umum dan menghalangi jalan hingga menimbulkan kemacetan.


Image source: Tempo

Tapi pemandangan itu tidak tampak di aksi demo untuk Jokowi di Belanda. Mereka yang terdiri dari kelompok Maluku Selatan dan Papua Barat, International People Tribunal (IPT) 1965 dan masyarakat Indonesia yang berada di Belanda hanya dijaga puluhan polisi.

Para demonstran sabar menanti Presiden Jokowi keluar dari pintu lobi Hotel Kurhaus. Para pendemo pun saling berbincang dan justru berfoto selfie. Lucunya, aksi demo ini pun menarik perhatian warga Belanda yang jalan lalu lalang.


Image source: Tempo

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

Para demonstrasi tersebut meminta (tidak dengan kata menuntut) Presiden Jokowi  untuk menarik kembali keputusan Presiden bahwa PKI tidak benar. Para eksil (WNI yang diasingkan karena diduga terkait PKI tahun 1965) meminta diberi kembali hak sebagai warga negara Indonesia.

Ada 2 demonstran yang berkesempatan bertemu Presiden Jokowi di dalam hotel dari IPT 65, Fransiska dan Sungkono. Sambil menangis, Fransisca menyerahkan sepucuk surat berisi tiga desakan untuk Presiden Jokowi.

Sambil mengulangi kata-kata Jokowi, Fransisca mengatakan “Ya, saya sudah tahu,” Fransiska menyayangkan mayoritas eksil adalah mahasiswa terpelajar yang tidak boleh pulang ke Indonesia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)