SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mulai Beroperasi Hari Ini, Bus 'Pinky' Transjakarta Diapresiasi Demi Cegah Pelecehan Seksual

Jumat, 22 April 2016 10:30 by zia92 | 1612 hits
Mulai Beroperasi Hari Ini, Bus 'Pinky' Transjakarta Diapresiasi Demi Cegah Pelecehan Seksual
Image source: koran-jakar

DREAMERS.ID - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah meresmikan bus Transjakarta khusus penumpang wanita pada Kamis (21/4) kemarin. Mulai hari ini, Transjakarta tersebut akan beroperasi dari pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB yang berangkat dari koridor I (Blok M - Kota).

Bagi kalangan wanita, adanya Transjakarta tersebut disambut sangat baik. Mereka justru merasa lebih aman. "Kalau bisa Busway (Transjakarta) kayak gini diperbanyak lagi armadanya, ngerasa lebih nyaman, dan enggak was-was sama pelecehan seksual dalam bus," ujar Risma (20) salah satu pengguna jasa Busway yang ditemui di halte Dukuh Atas, Jakarta, Jumat (22/4).

Bus gandeng berkapasitas 38 penumpang duduk dan 80 berdiri ini memiliki susunan tempat duduk berbeda dengan bus Transjakarta biasa. Kursi dalam bus khusus itu menghadap ke depan, tidak seperti Transjakarta biasa yang menghadap ke samping.

Baca juga: Polisi Akhirnya Akui Kawal Dewi Persik Saat Terobos Jalur Busway

Seperti diketahui, tepat di Hari Kartini kemarin, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan dua unit bus Transjakarta khusus penumpang wanita. Bus ini diberi nama bus 'pinky'.

Dua unit bus diluncurkan oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta Veronica Tan didampingi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Kadishubtrans Jakarta, Andri Yansyah, Dirut PT TransJakarta, Budi Kaliwono.

Ahok mengatakan bus ini diluncurkan sebagai bagian dari memberikan pelayanan pada penumpang wanita yang mayoritas risih berhimpitan dengan penumpang pria. "Kita harapkan bus ini enggak ada hubungan dengan emansipasi wanita. Tapi luncurkan pas hari Kartini. Kita sadar di kota besar ini heterogen. Ada wanita yang risih berhimpitan dengan pria. Bus ini tentu yang kita harapkan bisa membuat kita nyaman," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (21/4).

Source:
Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)