home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mulai Beroperasi Hari Ini, Bus 'Pinky' Transjakarta Diapresiasi Demi Cegah Pelecehan Seksual

Jumat, 22 April 2016 10:30 by fzhchyn | 1827 hits
Mulai Beroperasi Hari Ini, Bus 'Pinky' Transjakarta Diapresiasi Demi Cegah Pelecehan Seksual
Image source: koran-jakar

DREAMERS.ID - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah meresmikan bus Transjakarta khusus penumpang wanita pada Kamis (21/4) kemarin. Mulai hari ini, Transjakarta tersebut akan beroperasi dari pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB yang berangkat dari koridor I (Blok M - Kota).

Bagi kalangan wanita, adanya Transjakarta tersebut disambut sangat baik. Mereka justru merasa lebih aman. "Kalau bisa Busway (Transjakarta) kayak gini diperbanyak lagi armadanya, ngerasa lebih nyaman, dan enggak was-was sama pelecehan seksual dalam bus," ujar Risma (20) salah satu pengguna jasa Busway yang ditemui di halte Dukuh Atas, Jakarta, Jumat (22/4).

Bus gandeng berkapasitas 38 penumpang duduk dan 80 berdiri ini memiliki susunan tempat duduk berbeda dengan bus Transjakarta biasa. Kursi dalam bus khusus itu menghadap ke depan, tidak seperti Transjakarta biasa yang menghadap ke samping.

Baca juga: Catat! Bus Transjakarta Hanya Operasikan 13 Rute Ini Selama 2 Minggu ke Depan

Seperti diketahui, tepat di Hari Kartini kemarin, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan dua unit bus Transjakarta khusus penumpang wanita. Bus ini diberi nama bus 'pinky'.

Dua unit bus diluncurkan oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta Veronica Tan didampingi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Kadishubtrans Jakarta, Andri Yansyah, Dirut PT TransJakarta, Budi Kaliwono.

Ahok mengatakan bus ini diluncurkan sebagai bagian dari memberikan pelayanan pada penumpang wanita yang mayoritas risih berhimpitan dengan penumpang pria. "Kita harapkan bus ini enggak ada hubungan dengan emansipasi wanita. Tapi luncurkan pas hari Kartini. Kita sadar di kota besar ini heterogen. Ada wanita yang risih berhimpitan dengan pria. Bus ini tentu yang kita harapkan bisa membuat kita nyaman," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (21/4).

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)