home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

KBRI Siapkan Bantuan Bagi 200 WNI di Lokasi Gempa Jepang

Selasa, 19 April 2016 10:45 by fzhchyn | 1120 hits
KBRI Siapkan Bantuan Bagi 200 WNI di Lokasi Gempa Jepang
Image source: usatoday.co

DREAMERS.ID - Gempa yang melanda Jepang pada Kamis (14/4) lalu telah menewaskan 42 orang dan melukai ratusan lainnya. gempa itu pun dilaporkan sebagai gempa terparah Jepang setelah tahun 2011 . Menurut pihak KBRI, dua orang WNI dilaporkan mengalami luka ringan dalam gempa susulan yang berkekuatan lebih besar, 7,3 SR, yang terjadi pada Sabtu (16/4).

Pemerintah Indonesia melalui perwakilannya di Tokyo, Jepang, akan mengirimkan bantuan tahap kedua kepada warga negara Indonesia yang terdampak gempa di Kumamoto. Saat ini kebutuhan pokok di daerah itu kian menipis dan akses ke lokasi juga sulit.

"Bantuan akan dikirim secepatnya begitu logistik telah tersedia dan transportasi sudah siap," kata Agus Heryana, pejabat fungsi protokol dan konsuler di Kedutaan Besar RI di Jepang, Senin (16/4), mengutip CNN.

Menurut Agus, bantuan tahap pertama telah diberikan selang dua hari setelah gempa berkekuatan lebih dari 6 skala richter terjadi Kamis pekan lalu. Bantuan ini dikirimkan melalui jalur darat yang menghabiskan waktu perjalanan hingga 24 jam dengan jarak antara Tokyo dan Kumamoto mencapai 1.200 km.

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Bantuan tahap kedua ini berupa makanan, obat-obatan, kebutuhan wanita dan pakaian ganti. Saat ini tercatat ada lebih dari 200 WNI di wilayah Kumamoto, yang merupakan mahasiswa atau pekerja di berbagai perusahaan.

"Kebutuhan mereka tentunya adalah bahan makanan dan obat-obatan. Di tempat penampungan Universitas Kumamoto ada 24 anak-anak, mereka membutuhkan perhatian lebih, karena stres beberapa hari berada di pengungsian," kata Agus.

Sementara itu, pemerintah Jepang masih menyarankan warga di wilayah itu untuk tetap berada di penampungan karena gempa susulan masih terus terjadi walau skala dan frekuensinya lebih kecil. Total saat ini ada 180 ribu orang yang mengungsi di wilayah tersebut.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)