SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

KBRI Siapkan Bantuan Bagi 200 WNI di Lokasi Gempa Jepang

Selasa, 19 April 2016 10:45 by zia92 | 960 hits
KBRI Siapkan Bantuan Bagi 200 WNI di Lokasi Gempa Jepang
Image source: usatoday.co

DREAMERS.ID - Gempa yang melanda Jepang pada Kamis (14/4) lalu telah menewaskan 42 orang dan melukai ratusan lainnya. gempa itu pun dilaporkan sebagai gempa terparah Jepang setelah tahun 2011 . Menurut pihak KBRI, dua orang WNI dilaporkan mengalami luka ringan dalam gempa susulan yang berkekuatan lebih besar, 7,3 SR, yang terjadi pada Sabtu (16/4).

Pemerintah Indonesia melalui perwakilannya di Tokyo, Jepang, akan mengirimkan bantuan tahap kedua kepada warga negara Indonesia yang terdampak gempa di Kumamoto. Saat ini kebutuhan pokok di daerah itu kian menipis dan akses ke lokasi juga sulit.

"Bantuan akan dikirim secepatnya begitu logistik telah tersedia dan transportasi sudah siap," kata Agus Heryana, pejabat fungsi protokol dan konsuler di Kedutaan Besar RI di Jepang, Senin (16/4), mengutip CNN.

Menurut Agus, bantuan tahap pertama telah diberikan selang dua hari setelah gempa berkekuatan lebih dari 6 skala richter terjadi Kamis pekan lalu. Bantuan ini dikirimkan melalui jalur darat yang menghabiskan waktu perjalanan hingga 24 jam dengan jarak antara Tokyo dan Kumamoto mencapai 1.200 km.

Baca juga: Ribuan Orang Tak Punya Rumah, Pohang Korsel Diumumkan Jadi Zona Bencana 'Spesial'

Bantuan tahap kedua ini berupa makanan, obat-obatan, kebutuhan wanita dan pakaian ganti. Saat ini tercatat ada lebih dari 200 WNI di wilayah Kumamoto, yang merupakan mahasiswa atau pekerja di berbagai perusahaan.

"Kebutuhan mereka tentunya adalah bahan makanan dan obat-obatan. Di tempat penampungan Universitas Kumamoto ada 24 anak-anak, mereka membutuhkan perhatian lebih, karena stres beberapa hari berada di pengungsian," kata Agus.

Sementara itu, pemerintah Jepang masih menyarankan warga di wilayah itu untuk tetap berada di penampungan karena gempa susulan masih terus terjadi walau skala dan frekuensinya lebih kecil. Total saat ini ada 180 ribu orang yang mengungsi di wilayah tersebut.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Berbagai peristiwa datang silih berganti. Banyak kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan yang mengisi hari hari di minggu kedua bulan Desember tahun 2017 ini. Mulai dari ranah berita lokal internasional hingga seleb Korea....
  • HOT !
    Artis Dewi Persik dipertemukan dengan anggota polisi yang disebutnya mengawal ketika berusaha menerobos jalur busway yang viral di pemberitaan dan media sosial. Namun ada perbedaan pendapat dan hal ini disebutkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra....
  • HOT !
    Komisi Komunikasi Korea Selatan pada hari Rabu mengumumkan adanya serangkaian kebijakan baru untuk mengekang membludak nya konten tak pantas di situs microblogging milik Amerika, Tumblr. Negeri Gingseng itu akan memastikan penerapannya dapat diterapkan ke perusahan Korea dan asing yang berbasis internet....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)