SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hapus Pelonco, Mahasiswa Baru Akan Diwajibkan Ikut Bela Negara

Senin, 11 April 2016 20:00 by zia92 | 2963 hits
Hapus Pelonco, Mahasiswa Baru Akan Diwajibkan Ikut Bela Negara
Image source: okezone.com

DREAMERS.ID - Orientasi studi dan pengenalan kampus atau yang biasa disingkat ospek sudah menjadi budaya di sejumlah universitas. Namun masa di mana para mahasiswa baru dibekali untuk lebih mengenal tempat mereka menuntut ilmu tersebut justru kadang disalahartikan.

Meski sudah tak separah dulu, budaya ospek yang menggunakan kekerasan masih terjadi di beberapa kampus. Salah satu ‘aturan’ yang sering diterapkan adalah pelonco alias memotong atau bahkan menggunduli kepala.

Untuk menghapus budaya pelonco tersebut, Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu menyatakan akan menggantinya dengan program bela negara. "Programnya bela negara untuk ganti pelonco-pelonco. Untuk apa harus gundul-gundulan kaya gitu," kata Ryamizard, usai menghadiri Penataran Kader Organisasi (Takorna) XIV FKPPI di Secapa AD, Jalan Hegarmanah, Kota Bandung, Senin (11/4), melansir Merdeka.

Ryamizard menjamin program bela negara akan jauh dari kekerasan. Menurut dia, hal itu dilakukan supaya mahasiswa lebih cinta tanah air dan bangsa. "Program empat hari diklat, tiga hari di lapangan. Bagaimana penghormatan bendera merah putih, tata caranya. Ada kan yang enggak mau hormat, katanya kafir," ujar Ryamizard.

Ryamizard rencananya akan memanggil sejumlah rektor universitas di Indonesia untuk mulai menyampaikan program bela negara itu. "Minggu-minggu depan akan kita kumpulkan rektor," tutup Ryamizard.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)