SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hapus Pelonco, Mahasiswa Baru Akan Diwajibkan Ikut Bela Negara

Senin, 11 April 2016 20:00 by zia92 | 3012 hits
Hapus Pelonco, Mahasiswa Baru Akan Diwajibkan Ikut Bela Negara
Image source: okezone.com

DREAMERS.ID - Orientasi studi dan pengenalan kampus atau yang biasa disingkat ospek sudah menjadi budaya di sejumlah universitas. Namun masa di mana para mahasiswa baru dibekali untuk lebih mengenal tempat mereka menuntut ilmu tersebut justru kadang disalahartikan.

Meski sudah tak separah dulu, budaya ospek yang menggunakan kekerasan masih terjadi di beberapa kampus. Salah satu ‘aturan’ yang sering diterapkan adalah pelonco alias memotong atau bahkan menggunduli kepala.

Untuk menghapus budaya pelonco tersebut, Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu menyatakan akan menggantinya dengan program bela negara. "Programnya bela negara untuk ganti pelonco-pelonco. Untuk apa harus gundul-gundulan kaya gitu," kata Ryamizard, usai menghadiri Penataran Kader Organisasi (Takorna) XIV FKPPI di Secapa AD, Jalan Hegarmanah, Kota Bandung, Senin (11/4), melansir Merdeka.

Ryamizard menjamin program bela negara akan jauh dari kekerasan. Menurut dia, hal itu dilakukan supaya mahasiswa lebih cinta tanah air dan bangsa. "Program empat hari diklat, tiga hari di lapangan. Bagaimana penghormatan bendera merah putih, tata caranya. Ada kan yang enggak mau hormat, katanya kafir," ujar Ryamizard.

Ryamizard rencananya akan memanggil sejumlah rektor universitas di Indonesia untuk mulai menyampaikan program bela negara itu. "Minggu-minggu depan akan kita kumpulkan rektor," tutup Ryamizard.

(fzh)

  • HOT !
    Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
  • HOT !
    Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud memang telah menunjuk anak kandungnya, Pangeran Mohammed bin Salman atau yang sering disapa MBS sebagai pewarisnya. Namun kini rencana tersebut harus terusik dengan seruan kudeta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)