home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hapus Pelonco, Mahasiswa Baru Akan Diwajibkan Ikut Bela Negara

Senin, 11 April 2016 20:00 by fzhchyn | 3211 hits
Hapus Pelonco, Mahasiswa Baru Akan Diwajibkan Ikut Bela Negara
Image source: okezone.com

DREAMERS.ID - Orientasi studi dan pengenalan kampus atau yang biasa disingkat ospek sudah menjadi budaya di sejumlah universitas. Namun masa di mana para mahasiswa baru dibekali untuk lebih mengenal tempat mereka menuntut ilmu tersebut justru kadang disalahartikan.

Meski sudah tak separah dulu, budaya ospek yang menggunakan kekerasan masih terjadi di beberapa kampus. Salah satu ‘aturan’ yang sering diterapkan adalah pelonco alias memotong atau bahkan menggunduli kepala.

Untuk menghapus budaya pelonco tersebut, Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu menyatakan akan menggantinya dengan program bela negara. "Programnya bela negara untuk ganti pelonco-pelonco. Untuk apa harus gundul-gundulan kaya gitu," kata Ryamizard, usai menghadiri Penataran Kader Organisasi (Takorna) XIV FKPPI di Secapa AD, Jalan Hegarmanah, Kota Bandung, Senin (11/4), melansir Merdeka.

Ryamizard menjamin program bela negara akan jauh dari kekerasan. Menurut dia, hal itu dilakukan supaya mahasiswa lebih cinta tanah air dan bangsa. "Program empat hari diklat, tiga hari di lapangan. Bagaimana penghormatan bendera merah putih, tata caranya. Ada kan yang enggak mau hormat, katanya kafir," ujar Ryamizard.

Ryamizard rencananya akan memanggil sejumlah rektor universitas di Indonesia untuk mulai menyampaikan program bela negara itu. "Minggu-minggu depan akan kita kumpulkan rektor," tutup Ryamizard.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)