SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Minim Gangguan, Pemerintah Klaim UN 2016 Lebih Baik dari Tahun Lalu

Rabu, 06 April 2016 11:00 by zia92 | 777 hits
Minim Gangguan, Pemerintah Klaim UN 2016 Lebih Baik dari Tahun Lalu
Image source: tempo.co

DREAMERS.ID - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2016 untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat sudah berjalan sejak Senin (4/4) sampai Selasa (12/4), namun untuk siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK), UN masih berlangsung hingga Kamis (7/4) besok.

Kepala Pusat Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kapuspendik Kemdikbud) Nizam pun menilai pelaksanaan UN 2016 jauh lebih lancar jika dibandingkan dengan UN tahun lalu. "Tahun lalu, telepon tidak berhenti berdering dari daerah tentang berbagai masalah, tapi tahun ini hanya sedikit," ujarnya, Selasa (5/4), mengutip Tempo.

Keluhan yang datang dari beberapa daerah berupa kekurangan soal atau naskah yang tersasar. Sementara untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), keluhan yang disampaikan seperti masalah server atau sistem komputer.

Menurut Nizam, pada hari pertama ujian kemarin, terdapat 90 dari 13 ribu server yang bermasalah di seluruh Indonesia. Namun, pada ujian hari kedua, hanya kurang dari 45 server yang bermasalah sehingga menyulitkan siswa.

Baca juga: Bersiap, Kemdikbud Sebut UN Tahun Depan Berbentuk Esai

Nizam menduga masalah di server terjadi lantaran para teknisi terlalu kreatif dalam mengurus server di sekolahnya masing-masing. "Teknisi itu gagal paham. Ketika server-nya sudah bagus, justru diulik-ulik lagi," katanya.

Kepala Badan Penelitian dan Pembangunan Totok Suprayitno pun menilai pelaksanaan Ujian Nasional kali ini berjalan lancar. Menurut dia, beberapa hambatan di sejumlah wilayah bukan menjadi masalah yang besar.

Selain karena bisa ditangani di tingkat bawah, UN kali ini tidak membuat panik atau takut para siswa. "Siswa jadi lebih rileks, dan psikologi siswa terjaga karena UN tahun ini bukan lagi satu-satunya syarat kelulusan," kata Totok.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Ketua DPR Setya Novanto akhirnya menunjuk Otto Hasibuan sebagai pengacara untuk membela dirinya lantaran terjerat kasus korupsi e KTP dan kini ditahan di rutan KPK. Otto sendiri sempat mencuat namanya ketika membela Jessica Kumala Wongso, terdakwa pembunuhan kopi sianida yang menggemparkan publik....
  • HOT !
    Tersangka kasus korupsi e KTP yang juga Ketua DPR Setya Novanto sempat meminta perlindungan hukum kepada Presiden Joko Widodo. Hal itu diakuinya dilakukan sebelum ditahan KPK pada Senin 20 November dini hari tadi....
  • HOT !
    Tersangka kasus korupsi KTP Elektronik atau E KTP, Setya Novanto, saat ini tengah menerima perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana, Jakarta. Kuasa hukum, Fredrich Yunadi, membagikan kegiatan yang dilakukan kliennya sejak dipindahkan kesana....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Myungsoo,Jiyeon,Lee Minah (OC),Kai,Jung Soojung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)