SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Penyebab Jalur Puncak Selalu Macet Parah Saat Akhir Pekan

Sabtu, 26 Maret 2016 10:00 by zia92 | 1569 hits
Ini Penyebab Jalur Puncak Selalu Macet Parah Saat Akhir Pekan
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Kawasan Puncak sepertinya masih menjadi primadona bagi warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sebagai tempat tujuan dalam menghabiskan waktu liburan. Begitu juga saat long weekend (libur panjang akhir pekan) yang bertepatan dengan libur Paskah yang dimulai sejak Jumat (25/03) kemarin.

Berdasarkan pantauan, kemacetan sudah terjadi sejak Kamis (24/03) malam atau satu hari sebelum libur Paskah. Sejak pukul 18.00 WIB, kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat terus diserbu ribuan kendaraan roda empat yang di dominasi pelat B (Jakarta). Akibatnya antrean kendaraan sudah terlihat, di beberapa pintu tol Jagorawi, seperti di Cibubur, Sentul hingga Gerbang Tol (GT) Ciawi.

Bahkan antrean terlihat mengular selepas GT Ciawi hingga simpang Gadog dan Pasir Muncang, Ciawi, Kabupaten Bogor. Selain disebabkan adanya bottle neck (penyempitan leher botol) di simpang Gadog dan tak seimbangnya kapasitas jalan dengan volume kendaraan, keluar masuk kendaraan jalur alternatif menuju Puncak, tepatnya di simpang Pasir Muncang dan Pasir Angin, juga menjadi penyebab kemacetan.

Tak hanya itu, kurang disiplinnya pengguna jalan saat memasuki jalur Puncak, tepatnya mulai simpang Gadog, yakni banyaknya kendaraan yang melambung saat terjadi antrean, juga menjadi pemicu terjadinya kemacetan dari kedua arah.

Menurut  Zainal Abidin (32) warga Cibogo, Megamendung, Kabupaten Bogor, mengatakan kemacetan di jalur Puncak saat ini terjadi bukan hanya saat libur panjang hari raya saja, tapi kemacetan hampir terjadi setiap hari, khususnya saat pagi. "Itu disebabkan banyaknya kendaraan yang memarkirkan kendaraannya hingga badan jalan dan keluar masuk kendaraan di lokasi-lokasi wisata dan pusat jajanan baru yang ada di Puncak," ujarnya.

Baca juga: Instruksi TransJ Ekspres dari Anies-Sandi Puaskan Warga untuk Hindari Macet, Apa Saja Rutenya?

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Bogor AKP Bramastyo Priaji mengungkapkan peningkatan terjadinya volume kendaraan pada libur panjang Paskah ini, terjadi sejak Kamis malam. "Kemudian tadi (Jumat) siang sedikit lancar kedua arah. Kemungkinan menjelang malam, atau sore hari jalur Puncak kembali dipadati kendaraan," ungkapnya.

Pihaknya memperkirakan bakal terjadi peningkatan volume kendaraan saat libur panjang Paskah ini, dengan jumlah kendaraan mencapai 20 ribu lebih. "Kepadatan akan terjadi saat tanggal hari H Paskah dan Sabtu," ujarnya.

Selain menerjunkan ratusan personel Satuan Lalu Lintas Polres, pihaknya juga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan, khususnya saat libur panjang. "Melakukan rekayasa lalu lintas untuk ke jalur alternatif pasti dilakukan sesuai situasi arus lalu lintas," ujarnya.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Sidang perdana dakwaan Ketua Nonaktif DPR, Setya Novanto di perkara dugaan korupsi menarik perhatian lantaran disebut banyak kejanggalan yang dilakukannya. Pria yang tengah dinonaktifkan pula sebagai Ketua Umum Partai Golkar itu berwajah pucat dan terus menunduk selama persidangan....
  • HOT !
    Presiden Jokowi berkunjung ke Kabupaten Pacitan, Jawa Timur pada pekan lalu yang kebetulan adalah kampung halaman Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dan ternyata, warga sekitar memberi perbandingan cukup signifikan di antara keduanya....
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)