SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Libur Panjang Akhir Pekan Ini Diprediksi Tak Timbulkan Kemacetan Parah

Kamis, 24 Maret 2016 10:00 by zia92 | 1365 hits
Libur Panjang Akhir Pekan Ini Diprediksi Tak Timbulkan Kemacetan Parah
Image source: detik.com

DREAMERS.ID - Menyambut libur panjang pada akhir pekan ini, kemacetan menjadi salah satu hal yang paling dikhawatirkan. Namun pada libur Paskah ini rupanya lalu lintas kendaraan diperkirakan tidak akan separah kemacetan pada libur Natal 2015.

"Prediksi saya tidak akan tinggi seperti natal kemarin karena libur panjang kali ini bukan satu-satunya pilihan, ada beberapa libur panjang. Selain itu, saat ini bukan puncak ritme pekerjaan para pekerja," kata pengamat transportasi dari Institut Studi Transportasi (Instrans) Izzul Waro, mengutip laporan Antara.

Menurut Izzul, lonjakan di luar prediksi pada libur Natal 2015 karena terjadi pada akhir tahun. Saat itu merupakan puncak beban kerja para karyawan atau staf.

Faktor lain yang menambah banyaknya orang bepergian ketika itu adalah bonus akhir tahun yang membuat orang pergi berlibur. "Mendapat bonus akhir tahun atau insentif lainnya membuat mereka ingin tuntaskan setelah beban kerja cukup tinggi," ujarnya.

Baca juga: Instruksi TransJ Ekspres dari Anies-Sandi Puaskan Warga untuk Hindari Macet, Apa Saja Rutenya?

Sedangkan pada libur paskah 2016, lanjut Izzul, sejumlah perusahaan baru memulai proyek. "Dugaan saya di awal tahun ini tidak sama, beberapa perusahaan baru mulai proyek sehngga beban kerja tidak terlalu tinggi. Keinginan untuk liburan pun tidak setinggi saat akhir tahun," kata Izzul.

Meski begitu, dirinya mengaku antisipasi tetap harus dilakukan oleh pihak terkait seperti pengelola jalan tol PT Jasa Marga Tbk dan aparat kepolisian serta instansi terkait yakni dinas perhubungan. "Ada waktu kritis pada Kamis sore hingga malam, harus dilihat kondisi di lapangan apakah cukup tinggi atau sedang. Waktu krisis digunakan untuk menyiapkan serangkaian kebijakan insidental di lapangan," jelas Izzul.

Sementara itu, pengamat transportasi Azas Tigor Nainggolan dari Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) mengatakan tanda-tanda akan terjadi lonjakan perjalanan liburan sudah tampak dan otomatis akan terjadi lonjakan penggunaan kendaraan bermotor. "Soalnya tiket transportasi angkutan umum sudah mulai habis. Sehingga perlu ada antisipasi, setidaknya agar tidak kejadian lagi macet terkunci seperti liburan beberapa waktu lalu," katanya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)