SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terlambat Cetak Kartu, Peserta SNMPTN 2016 Bisa Dianggap Mundur

Rabu, 23 Maret 2016 15:50 by zia92 | 4899 hits
Terlambat Cetak Kartu, Peserta SNMPTN 2016 Bisa Dianggap Mundur
Image source: mediaindone

DREAMERS.ID - Saat ini Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 sudah memasuki tahap ketiga yaitu pencetakan kartu peserta. Dua tahapan sebelumnya merupakan pengisisan dan verifikasi PDSS dan pendaftaran SNMPTN.

Tahap ketiga ini sangat penting karena walaupun peserta sudah mendaftar, tapi jika kartu tidak dicetak maka peserta bisa dianggap mengundurkan diri dari proses seleksi, menurut Ketua Umum SNMPTN 2016. Pasalnya, kartu tersebut sebagai tanda bukti keikutsertaan siswa melalui jalur yang dikenal dengan undangan itu.

Berdasarkan situs resmi SNMPTP, tahap pencetakan kartu tanda peserta SNMPTN ini berlangsung sejak 22 Maret hingga 21 April 2016. Setelah itu, pada tahapan selanjutnya sebanyak 76 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan mulai melakukan proses seleksi calon mahasiswa yang memenuhi kualifikasi untuk lolos di kampus dan program studi (prodi) pilihannya, yang dilakukan hingga 8 Mei.

Sedangkan kelulusan peserta SNMPTN 2016 akan diumumkan pada 10 Mei. Nantinya, mereka yang lolos wajib mendaftar ulang di kampus masing-masing. Supaya tidak terjadi kecurangan, panitia menyamakan jadwal daftar ulang dengan ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yaitu pada 31 Mei 2016.

Tahun ini, PTN hanya akan menerima maksimal 40 persen mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN 2016. Kuota tersebut berkurang dari kuota tahun-tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 50 persen.

Koordinator Pokja Panitia SNMPTN 2016 Bambang Hermanto menyebut, ada 653.811 siswa SMA/sederajat yang mendaftar pada jalur undangan tahun ini. "Dari total pendaftar, 76 PTN hanya akan menerima 123 ribu calon mahasiswa, dengan rincian 117.686 diterima oleh PTN Kemristekdikti dan 5.314 di PTN Kemenag," ungkap Bambang, mengutip Okezone.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)