SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makin Tak Terkendali, Demo Besar Jakarta Jadi Pembicaraan Media Internasional

Selasa, 22 Maret 2016 18:10 by reinasoebisono | 1558 hits
Makin Tak Terkendali, Demo Besar Jakarta Jadi Pembicaraan Media Internasional
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Setelah sering membuat banyak kata dan tagar jadi Trending Topic di sosial media, Twitter khususnya, kini Indonesia berfokus di Jakarta jadi bahan pembicaraan media internasional dengan menjadi headline di beberapa situs berita resmi.

Sejauh pantauan Dreamers.id, beberapa laman yang mengangkat berita tentang demonstrasi besar-besaran oleh sopir taksi dan angkutan umum lainnya ini antara lain adalah BBC UK, AlJazeera, TheSydneyMorningHerald (SMH), hingga Reuters. Tak ketinggalan situs Mashable, TechInAsia, hingga TheGuardian juga mengulasnya.



Image source: BBC, SMH

Ironisnya, artikel-artikel media internasional ini memiliki satu benang merah, yaitu kekerasan. Laman TechInAsia menulis jika aktivitas Jakarta terhenti karena demonstrasi yang berujung pada saling bentroknya sesama sopir taksi.

Memang demikian yang terjadi menurut beberapa foto di sosial media yang tersebar. Ada oknum yang membawa beberapa senjata tajam sebagai ‘persiapan’ demo hari ini. Hingga sebuah video yang memperlihatkan sebuah taksi yang menolak dihentikan oleh rekan pendemo dengan cara mencoba menabrakkan taksinya ke arah pendemo.


Image source: SonoraFM92/Twitter

Baca juga: Program Musik 'Show Champion' Justru Tayangkan Episode Spesial di Tengah Mogok Kerja Karyawan MBC

Sementara itu SMH mengambil sisi keamanan di mana para wisatawan yang berada di Jakarta dihimbau untuk berhati-hati karena aksi protes di jalan itu berujung pada bentrokan sesama sopir taksi. Mirisnya adalah laman Mashable yang menulis headline ’10.000 Sopir Marah Membuat Jakarta Mandek’.


Sopir taksi yang terluka karena bentrok dengan sesama (SMH)

Tentu saja tidak ada sisi positif dari berbagai artikel ini karena menunjukkan protes besar-besaran di Jakarta atas penolakan aplikasi online yang menawarkan layanan transportasi umum. Bahkan Indonesia yang berusaha memblokir layanan itu dibandingkan dengan negara China yang berusaha mencari jalan keluar dengan melegalkannya.

Media-media ini juga tidak ketinggalan memberikan gambar para pendemo yang terluka, kondisi taksi yang hancur karena amukan massa, hingga komentar-komentar netizen Indonesia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)