home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Berbahaya, Pemerintah Cina Larang Warganya Nonton Drama Korea

Selasa, 22 Maret 2016 23:00 by fzhchyn | 3184 hits
Dianggap Berbahaya, Pemerintah Cina Larang Warganya Nonton Drama Korea
Image source: KBS2TV

DREAMERS.ID - Tak hanya sukses di negara asalnya, beberapa judul drama Korea juga laris di berbagai negara Asia, salah satunya Cina. Namun akibat kepopuleran salah satu drama Korea yang tengah naik daun Descendants of the Sun’, pemerintah Cina mewanti-wanti warganya untuk tidak menonton tayangan tersebut.

Drama 16 episode yang tayang perdana pada Februari lalu tersebut dengan cepat menjadi tontonan favorit warga Cina karena ceritanya yang menarik dan juga visual yang spektakuler. Sehingga tak jarang drama ini menjadi trending topik di situs jejaring sosial Cina Weibo.

Karena demam ‘Descendants of the Sun’ ini, Departemen Keamanan Publik Cina turun ke media sosial untuk memperingatkan warga dari penyakit-penyakit sosial yang mungkin terjadi akibat terlalu banyak menonton drama Korea.

“Menonton drama Korea bisa berbahaya, dan bahkan dapat menyebabkan masalah hukum,” tulis pihak departemen kementerian memperingatkan dalam postingan di Weibo akhir pekan lalu, mengutip laporan IBTimes.

Pihak departemen kemudian menyertakaan beberapa kasus nyata akibat terlalu banyak menonton drama Korea, seperti kekerasan dalam rumah tangga, perceraian, dan operasi plastik. Semua itu terkait dengan obsesi akan drama Korea.

Sementara itu, banyak pengguna Weibo tidak menanggapi postingan kementerian tersebut dengan berlebihan. “Ini bukan kesalahan dari drama Korea, tapi harus dilakukan dengan IQ (kecerdasan),” tulis komentar salah satu pengguna.

Baca juga: Transformasi Claudia Kim Jadi Gemuk di Drama Supernatural 'The Atypical Family'

Pengguna lainnya menambahkan bahwa kasus-kasus tersebut terjadi karena mereka kurang wawasan, “Meskipun aku tidak suka drama Korea, tapi itu semua kasus-kasus individu. (Mereka) kurang IQ.”

Peringatan yang diberikan pemerintah Cina tentunya bukan tanpa alasan yang baik untuk warganya. Ada beberapa insiden kecanduan drama Korea yang benar-benar gila pada tahun 2014 silam, yaitu saat drama yang dibintangi aktor Kim Soo Hyun ‘My Love from the Star’ booming.

Saat itu warga Cina menjadi sangat gila akan ayam goreng dan bir karena mengetahui sang aktris utama dalam drama (Jun Ji Hyun) sangat menyukai makanan tersebut. Karena kegilaan itu, seorang wanita hamil dilaporkan hampir mengalami keguguran setelah melahap ayam goreng dan bir.

Kasus lainnya adalah pada bulan Maret, seorang wanita Cina berusia 20 tahun didiagnosa mengidap glukoma akut setelah menonton drama Korea secara marathon selama 18 jam.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)