SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Berbahaya, Pemerintah Cina Larang Warganya Nonton Drama Korea

Selasa, 22 Maret 2016 23:00 by zia92 | 2985 hits
Dianggap Berbahaya, Pemerintah Cina Larang Warganya Nonton Drama Korea
Image source: KBS2TV

DREAMERS.ID - Tak hanya sukses di negara asalnya, beberapa judul drama Korea juga laris di berbagai negara Asia, salah satunya Cina. Namun akibat kepopuleran salah satu drama Korea yang tengah naik daun Descendants of the Sun’, pemerintah Cina mewanti-wanti warganya untuk tidak menonton tayangan tersebut.

Drama 16 episode yang tayang perdana pada Februari lalu tersebut dengan cepat menjadi tontonan favorit warga Cina karena ceritanya yang menarik dan juga visual yang spektakuler. Sehingga tak jarang drama ini menjadi trending topik di situs jejaring sosial Cina Weibo.

Karena demam ‘Descendants of the Sun’ ini, Departemen Keamanan Publik Cina turun ke media sosial untuk memperingatkan warga dari penyakit-penyakit sosial yang mungkin terjadi akibat terlalu banyak menonton drama Korea.

“Menonton drama Korea bisa berbahaya, dan bahkan dapat menyebabkan masalah hukum,” tulis pihak departemen kementerian memperingatkan dalam postingan di Weibo akhir pekan lalu, mengutip laporan IBTimes.

Pihak departemen kemudian menyertakaan beberapa kasus nyata akibat terlalu banyak menonton drama Korea, seperti kekerasan dalam rumah tangga, perceraian, dan operasi plastik. Semua itu terkait dengan obsesi akan drama Korea.

Sementara itu, banyak pengguna Weibo tidak menanggapi postingan kementerian tersebut dengan berlebihan. “Ini bukan kesalahan dari drama Korea, tapi harus dilakukan dengan IQ (kecerdasan),” tulis komentar salah satu pengguna.

Baca juga: Ahn Jae Hyun Dapat Tawaran Main Remake Drama dari Film 'Beauty Inside'

Pengguna lainnya menambahkan bahwa kasus-kasus tersebut terjadi karena mereka kurang wawasan, “Meskipun aku tidak suka drama Korea, tapi itu semua kasus-kasus individu. (Mereka) kurang IQ.”

Peringatan yang diberikan pemerintah Cina tentunya bukan tanpa alasan yang baik untuk warganya. Ada beberapa insiden kecanduan drama Korea yang benar-benar gila pada tahun 2014 silam, yaitu saat drama yang dibintangi aktor Kim Soo Hyun ‘My Love from the Star’ booming.

Saat itu warga Cina menjadi sangat gila akan ayam goreng dan bir karena mengetahui sang aktris utama dalam drama (Jun Ji Hyun) sangat menyukai makanan tersebut. Karena kegilaan itu, seorang wanita hamil dilaporkan hampir mengalami keguguran setelah melahap ayam goreng dan bir.

Kasus lainnya adalah pada bulan Maret, seorang wanita Cina berusia 20 tahun didiagnosa mengidap glukoma akut setelah menonton drama Korea secara marathon selama 18 jam.

(fzh)

  • HOT !
    Pihak Basarnas yang mengkoordinasikan pencarian KM Sinar Bangun yang masih tenggelam bersama puluhan penumpangnya, akuirnya menemukan dan berhasil mendeteksi posisi kapal itu di kedalaman Danau Toba, Sumatera Utara....
  • HOT !
    Sebuah studi yang dirilis oleh Komisi Nasional Hak Manusia Korea Selatan menunjukkan jika wanita non Korea yang menikah dengan pria Korea Selatan mengalami pelecehan dan kekerasan dalam hal ekonomi. Perlu digarisbawahi, wanita asing di sini adalah yang menikah dan pindah ke Korea Selatan....
  • HOT !
    Dari ratusan penumpang, baru belasan orang yang ditemukan sementara 3 orang dinyatakan tewas dalam tragedi tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di Danau Toba. Salah satu korban selamat, Rahmat, menceritakan hal yang dihadapinya dan membuatnya trauma....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)