SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Indonesia Dilanda Suhu Hingga 40 Derajat, Ini Kata BMKG

Minggu, 20 Maret 2016 13:19 by reinasoebisono | 4421 hits
Heboh Indonesia Dilanda Suhu Hingga 40 Derajat, Ini Kata BMKG
Image source: thisamerica

DREAMERS.ID - Kabar berhembus kencang mengenai Indonesia yang akan dilanda hawa panas bernama Equinox yang diperkirakan mencapai suhu terpanas 40 derajat celsius. Kabar ini menjadi viral di sosial media dan membuat resah masyarakat.

Dimulai hari ini, Minggu (20/3), kabar equinox akan melanda sejumlah negara seperti Indonesia, Malaysia dan Singapura dalam kurun lima hari mendatang. Pesan itu juga menghimbau untuk masyarakat agar tetap tinggal di dalam rumah khususnya pada jam 12.00-15.00 siang.

Namun hal ini langsung dibantah oleh pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang mengatakan jika berita tersebut tidak sepenuhnya benar karena suhu tidak akan mencapai 40 derajat celcius.

“Selama kurun waktu hingga sekarang tidak pernah suhu 40 derajat di Indonesia,” kata Kuhuh Ribudiyanto selaku Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG. “Itu informasi yang tidak benar,”

Baca juga: Fenomena Equinox Bakal Terjadi di Indonesia 21 Maret, Ini Penjelasan BMKG

Memang selama ini su­hu terpanas yang pernah terjadi adalah sekitar 39 derajat celcius sekitar bulan Oktober lalu di wilayah Kupang.

Equinox sebenarnya adalah fenomena panas wajar yang terjadi bahkan sejak awal bumi ada. Fenomena ini muncul karena pergerakan semu matahari yang terjadi setiap tahunnyaTempatnya pun berbeda, kadang di garis khatulistiwa seperti sekarang, kadang juga di Lintang Selatan.

Karena itu, BMKG menghimbau warga akan memverifikasi kembali kabar-kabar yang sekiranya meresahkan sebelum menyebarkannya agar tidak salah paham dan membuat isu yang tidak benar.

(rei/Berbagai sumber)

  • HOT !
    Setelah mendapat angin segar dari pertemuan sejuk kedua pemimpin negara Korsel dan Korut yaitu Presiden Moon Jae In dan Kim Jong Un, publik penasaran dengan rencana pertemuan lanjutan Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump....
  • HOT !
    Sebuah studi di Korea Selatan memberi hasil jika kelahiran bayi tak sempurna atau cacat di Negeri Ginseng meningkat. Mirisnya, hasil itu didapat diduga karena para wanita Korsel kerap terpapar polusi selama kehamilan....
  • HOT !
    Kementerian Agama (Kemenag) merilis rekomendasi 200 Mubaligh atau penceramah yang sebaiknya digunakan untuk memberikan ceramah di Bulan Ramadhan yang sayangnya mendapat kritikan dan permintaan pengkajian ulang....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)