home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Indonesia Dilanda Suhu Hingga 40 Derajat, Ini Kata BMKG

Minggu, 20 Maret 2016 13:19 by reinasoebisono | 4524 hits
Heboh Indonesia Dilanda Suhu Hingga 40 Derajat, Ini Kata BMKG
Image source: thisamerica

DREAMERS.ID - Kabar berhembus kencang mengenai Indonesia yang akan dilanda hawa panas bernama Equinox yang diperkirakan mencapai suhu terpanas 40 derajat celsius. Kabar ini menjadi viral di sosial media dan membuat resah masyarakat.

Dimulai hari ini, Minggu (20/3), kabar equinox akan melanda sejumlah negara seperti Indonesia, Malaysia dan Singapura dalam kurun lima hari mendatang. Pesan itu juga menghimbau untuk masyarakat agar tetap tinggal di dalam rumah khususnya pada jam 12.00-15.00 siang.

Namun hal ini langsung dibantah oleh pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang mengatakan jika berita tersebut tidak sepenuhnya benar karena suhu tidak akan mencapai 40 derajat celcius.

“Selama kurun waktu hingga sekarang tidak pernah suhu 40 derajat di Indonesia,” kata Kuhuh Ribudiyanto selaku Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG. “Itu informasi yang tidak benar,”

Baca juga: Fenomena Equinox Bakal Terjadi di Indonesia 21 Maret, Ini Penjelasan BMKG

Memang selama ini su­hu terpanas yang pernah terjadi adalah sekitar 39 derajat celcius sekitar bulan Oktober lalu di wilayah Kupang.

Equinox sebenarnya adalah fenomena panas wajar yang terjadi bahkan sejak awal bumi ada. Fenomena ini muncul karena pergerakan semu matahari yang terjadi setiap tahunnyaTempatnya pun berbeda, kadang di garis khatulistiwa seperti sekarang, kadang juga di Lintang Selatan.

Karena itu, BMKG menghimbau warga akan memverifikasi kembali kabar-kabar yang sekiranya meresahkan sebelum menyebarkannya agar tidak salah paham dan membuat isu yang tidak benar.

(rei/Berbagai sumber)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)