SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pecahkan Misteri Matematika 350 Tahun, Pria Ini Dapat Hadiah Rp 9 Miliar!

Minggu, 20 Maret 2016 19:00 by zia92 | 2104 hits
Pecahkan Misteri Matematika 350 Tahun, Pria Ini Dapat Hadiah Rp 9 Miliar!
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Pada abad ke-17, Pierre de Fermat, pakar matematika asal Prancis, mencetuskan sebuah teka-teki matematika yang tidak bisa dipecahkan oleh ilmuwan bahkan hingga 357 tahun setelahnya. Akhirnya, Fermat’s Last Theorem atau ‘Teorema Terakhir Fermat’ ini mampu dipecahkan oleh Andrew Wiles.

Di Indonesia, nama Andrew Wiles memang cukup asing, namun di Inggris dan Amerika, Wiles terkenal sebagai matematikawan spesialis teori bilangan. Di tahun 1994 silam, Wiles membuktikan bila teorema ini bisa dipecahkan. Dan berkat pencapaian hebatnya itu, di awal minggu ini Wiles menerima penghargaan matematika prestisius 'Abel Prize 2016' dari Norwegian Academy of Science and Letters.

Tidak hanya itu, bulan Mei nanti Wiles akan diundang ke Oslo, ibukota Norwegia untuk menerima hadiah uang hingga Rp 9,1 miliar! Hadiah itu adalah bentuk penghargaan atas keberhasilan memecahkan salah satu misteri terbesar di dunia matematika itu.

Baca juga: Putra Kapolda Baru Metro Jaya Raih Grand Championship Matematika!

Hebatnya, Wiles ternyata sudah dari usia 10 tahun bercita-cita memecahkan teorema Fermat. Ketika itu, Wiles terpukau ketika melihat untuk pertama kali teorema Fermat di sebuah perpustakaan.

Baru puluhan tahun kemudian, saat bekerja di Universitas Princeton, Wiles sukses memecahkan teorema itu. Kini, Wiles yang berusia 62 tahun meneruskan karir di Universitas Oxford.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)