home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ledakan di RSAL Mintoharjo Jakarta, 4 Orang Tewas Terbakar

Selasa, 15 Maret 2016 11:00 by fzhchyn | 1110 hits
Ledakan di RSAL Mintoharjo Jakarta, 4 Orang Tewas Terbakar
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Pengunjung dan pasien Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo Jakarta dikejutkan dengan suara ledakan yang berasal dari Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT). Apalagi, kejadian itu menyebabkan empat orang tewas.

"Pukul 13.00 WIB telah terjadi kebakaran di ruang tabung chamber Pulau Miangas Gedung RUBT lama RSAL Mintohardjo yang diakibatkan korsleting listrik," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Madya Zainuddin kepada wartawan.

Berdasarkan catatan Zainudin, dua korban merupakan tokoh yang sedang dan pernah menduduki posisi penting di pemerintahan. Mereka adalah Sulistyo, seorang anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang juga menjabat Ketua Umum Persatuan Guru Rerpublik Indonesia (PGRI) serta Abubakar Nataprawira, mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri.

Dua korban lain tercatat atas nama Edi Suwandi dan Dimas, seorang dokter yang saat kejadian sedang mendampingi Edi. "Terjadi korsleting sehingga menimbulkan asap putih tebal dan pasien yang ada di dalam tabung tidak dapat diselamatkan," ucap Zainudin saat dikonfimasi, Senin (14/3), sore.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, yang datang melihat korban, Sulistyo, mengatakan korban mengalami luka bakar. "Kondisi ruangan ditutup jangan dibayangkan seperti kebakaran (pada umumnya). Suhu udara yang sangat tinggi. Api yang meletus sehingga kebakaran mengakibatkan luka bakar berat. Karena suhu tinggi," kata Anies saat keluar dari Rumah Sakit, Senin (14/3).

Baca juga: Momen Kelahiran dan Pre-Wedding Jadi Mencekam Saat Ledakan Beirut

Kronologi insiden itu bermula ketika pada 11.30 WIB, terapi dengan kekuatan 2,4 atmosfer dimulai. Zainudin berkata, 90 menit kemudian tekanan dikurangi hingga satu atmosfer. Pada 13.10 WIB, terlihat percikan api di dalam tabung. Zainudin berkata, operator lantas membuka sistem antikebakaran.

Sayangnya, api di dalam tabung terus membesar dan tekanan terus meningkat dengan cepat sehingga safety valve terbuka dan menimbulkan ledakan. Pada pukul 14.00 WIB, kata Zainudin, petugas membawa empat korban ke kamar jenazah.

Menurut TNI AL, kejadian tersebut merupakan yang pertama kalinya terjadi. Sebab, sejak dioperasikan dari tahun 2013 tidak pernah mengalami masalah, apalagi alat tersebut juga kerap digunakan Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan banyak penyelam.

(fzh/antara/cnn)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)